Penerapan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kreativitas berbantuan media konkretpada mata pelajaranipa siswa kelas iv sd negerisarirejo 04 pati

ARIYANTO, KARISNA ADI NUR (2018) Penerapan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kreativitas berbantuan media konkretpada mata pelajaranipa siswa kelas iv sd negerisarirejo 04 pati. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (735kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (332kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (557kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (468kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (217kB)
[img] PDF (Artikel) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (370kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing berbantuan media benda konkret untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri Sarirejo 04 Pati dan mendeskripsikan keterampilan guru melalui penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing berbantuan media benda konkret dalam meningkatkan kreativitas siswa. Kreativitas siswa diartikan sebagai kemampuan siswa dalam menciptakan suatu karya, gagasan ide baru berdasarkan materi yang dipelajari. Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang mengarahkan siswa agar dapat menemukan pengetahuan melalui proses kerja ilmiah, yang diharapkan dapat menumbuhkan kebiasaan berpikir untuk merefleksikan penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap ilmiah siswa. Media pembelajaran benda konkretmerupakan sebuah media yang berasal dari benda nyata yang dapat memberikan rangsangan yang penting dalam mempelajari berbagai hal, terutama yang menyangkut pengembangan keterampilan, memperjelas dalam proses pembelajaran. Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kreativitas siswa dan keterampilan mengajar guru kelas IV SD Negeri Sarirejo 04 Pati. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Sarirejo 04 Pati dengan subjek penelitian 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, yang tiap-tiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kreativitas dan keterampilan guru, sedangkan variabel bebas yaitu model pembeljaran inkuiri terbimbing dan media benda konkret. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa pada siklus I sebesar 61,38% kriteria cukup meningkat menjadi 73,00 % kriteria baik pada siklus II. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, pada siklus I 73,75 kriteria baik meningkat menjadi 75,50% kriteria baik pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa kreativitas siswa dapat ditingkatkan melalui model inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret pada kelas IV SD N Sarirejo 04 Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD N Sarirejo 04 Pati dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa dapat meningkat melalui model inkuiri terbimbing berbantuan media konkret pada kelas IV SD N Sarirejo 04 Pati. Peneliti menyarankan agar dalam menerapakan model inkuiri terbimbing berbantuan media konkret, guru harus sering mengajukan pertanyaan secara lisan setelah menyampaikan materi dalam meningkatkan partisipasi siswa pada saat kegiatan pembelajaran

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM NIDN : 0614055701 Pembimbing 2 : Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd NIDN : 0615129001
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Siswa, Inkuiri Terbimbing dan Media Benda Konkret
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 22 Aug 2019 03:42
Last Modified: 22 Aug 2019 03:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11259

Actions (login required)

View Item View Item