Penerapan model role playing melalui media wayang untuk meningkatkan hasil belajar ips Siswa kelas v sd 2 kajar kudus

SALAMAH, DEVI ZAHROTUS (2018) Penerapan model role playing melalui media wayang untuk meningkatkan hasil belajar ips Siswa kelas v sd 2 kajar kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS kelas V SD 2 Kajar Dawe Kudus tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran Role Playing melalui media wayang pada materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan kelas V SD 2 Kajar tahun pelajaran 2017/2018. Model pembelajaran Role Playing merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Model pembelajaran Role Playing memberikan kesempatan kepada siswa-siswa untuk praktik menempatkan diri mereka dalam peran-peran dan situasi-situasi yang akan meningkatkan kesadaran terhadap nilai-nilai dan keyakinan-keyakinan mereka sendiri dan orang lain. Media pembelajaran wayang adalah sebuah media yang termasuk ke dalam jenis media visual yang berbentuk tiga dimensi, karena media ini dapat dilihat dan dipegang. Materi IPS yang dikaji adalah pada materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Role Playing melalui media wayang untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD 2 Kajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Kajar dengan subjek penelitian 31 peserta didik. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama dua siklus yang menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart dengan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Role Playing melalui media wayang, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas V SD 2 Kajar. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotorik, dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Role Playing. Keterampilan guru dalam mengajar dan mengelola kelas siklus I memperoleh presentase 59% dengan kualifikasi cukup baik, siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan presentase 85% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa pada saat diterapkan model pembelajaran Role Playing berbantuan media wayang pada pembelajaran IPS materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V di SD 2 kajar Kudus meningkat dengan kualifikasi baik. Peningkatan pada aspek kognitif dilihat dari siklus I 81% dengan kualifikasi baik, berlanjut pada siklus II menjadi 100% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan pada aspek afektif dilihat dari siklus I mendapat 57% dengan kualifikasi cukup baik, berlanjut ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 81% dengan kualifikasi baik. Sedangkan pada aspek psikomotorik pada siklus I mendapatkan hasil 58% dengan kualifikasi cukup baik, berlanjut ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 83% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan melalui penerapan model pembelajaran Role Playing melalui media wayang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SD 2 Kajar Kudus. Hal tersebut dapat di tunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar IPS yang sudah dilaksanakan oleh peneliti, peningkatan hasil belajar yaitu pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta keterampilan guru dalam proses pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Sucipto, M.Pd. Kons NIDN : 0629086302 Pembimbing 2 : Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd NIDN : 0619097803
Kata Kunci: Role Playing, Media Wayang, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Aug 2019 03:53
Last Modified: 22 Aug 2019 03:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item