WIJAYANTI, EKA (2019) Penerapan model teams games tournament (tgt) berbantuan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswatema ekosistem kelas v sdn Dengkek 01 pati. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Halaman sampul sampai daftar lampiran.pdf - Accepted Version Download (544kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (545kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (105kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan model Time Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga dan menemukan adanya peningkatkan hasil belajar siswa tema ekosistem kelas V SDN Dengkek 01 Pati. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Dengkek 01 Pati dengan subjek penelitian guru dan 39 siswa. Penelitian ini berlangsung pada dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Time Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar hasil belajar siswa tema ekosistem kelas V SDN Dengkek 01 Pati. Instrument penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru. Pada siklus I menunjukkan skor sebesar 71% dengan kriteria baik dan pada siklus II menjadi 81% dengan kriteria baik. Terjadi juga peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I skor 68% dengan kriteria baik dan siklus II skor 72% dengan kriteria baik. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II yang meliputi dari hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I 68% dan siklus II 79%. Sedangkan hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I 67% dan siklus II 72%. Hasil belajar aspek sikap pada siklus I 65% dan siklus II 70%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Dengkek 01 Pati dengan menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT)Berbantuan Media Permainan Ular Tangga. Sedangkan saran yang diberikan adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran Model Teams Games Tournament (TGT)Berbantuan Media Permainan Ular Tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Deka Setiawan, M.Pd NIDN : 0617088403 Pembimbing 2 : Imaniar Purbasari, M.Pd NIDN : 0619128801 |
Kata Kunci: | Model Teams Games Tournament (TGT), Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Aug 2019 01:46 |
Last Modified: | 24 Aug 2019 01:46 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11266 |
Actions (login required)
View Item |