Peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran teams games tournamentberbantuan media ular tanggapada tema pahlawankukelas iv Sdnegeridengkek 01 pati

PURNOMO, HADI (2019) Peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran teams games tournamentberbantuan media ular tanggapada tema pahlawankukelas iv Sdnegeridengkek 01 pati. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (649kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (217kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (418kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (620kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (327kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (124kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (271kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan seberapa besarhasil belajar dalam nilai nasionalisme siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran melalui model pembelajaranTeams Games Tournament berbantuan media ular tangga pada tema Pahlawanku kelas IV SDNegeri Dengkek 01. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar yang mencakup aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.nasionalisme merupakan nilai-nilai cinta tanah air, yang tercermin dalam sikap dan perbuatan sehari-hari.Model pembelajaran Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa dalam suatu permainan akademik dilaksanakan setelah siswa belajar bersama secara kelompok. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Dengkek 01 Pati dengan subjek penelitian 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini yaitu hasil belajar, sedangkan variabel bebasnya adalah model teams games tournamentdan media ular tangga. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa diukur dari tiga aspek pembelajaran dan peningkatan keterampilan guru. Hasil belajar aspek pengetahuan siklus I mencapai presentase sebesar 70%, aspek keterampilan 61,4%, aspek sikap 59,3%. Pada siklus II meningkat dengan aspek pengetahuan mencapai 82,5%, aspek keterampilan 75,8% dan aspek sikap 74,5%. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan dengan presentase rata-rata siklus I 69,5% dan meningkat 76,3% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar dalam nilai nasionalisme dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran teams games tournament berbantuan media ular tangga pada tema pahlawanku SD Negeri Dengkek 01 Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD Negeri Dengkek 01 Pati , disimpulkan bahwa hasil belajar dapat meningkat melalui teams games tournament berbantuan media ular tangga pada tema pahlawanku kelas IV SD Negeri Dengkek 01 Pati. Oleh karena itu, disarankan dalam penerapan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media ular tangga guru lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nur Fajri, M.Pd NIDN : 0610907803 Pembimbing 2 : Deka Setiawan, M.Pd NIDN : 0617088403
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar dalam nilai nasionalisme,Model Teams Games Tournament, Permainan Ular Tangga
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 24 Aug 2019 02:00
Last Modified: 24 Aug 2019 02:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11267

Actions (login required)

View Item View Item