Penerapan model time token untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v pada mata pelajaran pknberbantuan media tekimo (teka-teki modelis) Di sd unggulan muslimat nu kudus

HIDAYATI, TRI FARUS (2019) Penerapan model time token untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v pada mata pelajaran pknberbantuan media tekimo (teka-teki modelis) Di sd unggulan muslimat nu kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (656kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model time token pada mata pelajaran PKn di SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Model time token merupakan model pembelajaran kooperatif yang mengajarkan keterampilan sosial. Hasil belajar adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik untuk memantau perubahan atau peningkatan hasil belajar dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan yakni meningkatnya keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn melalui penerapan model time token berbantuan media tekimo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V Ibnu Sina SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan subjek penelitian guru dan 33 siswa yang berlangsung dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas yakni model time token berbantuan media tekimo dan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn melalui model time token berbantuan media tekimo meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru siklus I yakni 80,9% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 90,7% (sangat baik). Persentase aktivitas belajar siklus I dengan persentase 71,3% (baik), siklus II meningkat menjadi 81,5% (sangat baik). Persentase hasil belajar yang terdiri dari ranah afektif pada siklus I persentase 70% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 82% (sangat baik). Persentase ranah psikomotorik pada siklus I persentase 70% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 82% (sangat baik). Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada prasiklus yakni 60,6% (cukup), kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 81,8 (sangat baik), dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 87,8% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kudus dapat disimpulkan bahwa model time token berbantuan media tekimo pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Deka Setiawan, M.Pd NIDN : 0617088403 Pembimbing 2 : Santoso, M.Pd NIDN : 0608038502
Kata Kunci: Time Token, Tekimo (Teka-Teki Modelis), Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Aug 2019 02:10
Last Modified: 24 Aug 2019 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11268

Actions (login required)

View Item View Item