Meningkatkan kesopanan berperilaku menggunakan konseling behavior dengan teknik aversi pada siswa ma nu ibtidaul falah kudus

ANAM, MUHAMMAD SAFIQUL (2018) Meningkatkan kesopanan berperilaku menggunakan konseling behavior dengan teknik aversi pada siswa ma nu ibtidaul falah kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (657kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (153kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (104kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to TIDAK DITENTUKAN

Download (77kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kesopanan berperilaku adalah sikap saling hormat menghormati dan bagaimana seseorang beperilaku sesuai dengan aturan yang ada dalam masyarakat. Konseling Behavior adalah pandangan ilmiah tentang tingkah laku manusia. Teknik Aversi adalah usaha peneliti dalam meningkatkan kesopanan berperilaku siswa agar mampu menyesuaikan diri dengan baik dengan pemberian penguatan positif dan memunculkan perasaan dari dalam diri siswa agar dapat menyesuaikan diri dengan sebaik-baiknya. Tujuan penelitian ini adalah: 1.Mendeskripsikan faktor penyebab kurangnya kesopanan berperilaku pada siswa kelas XI MA NU ibtidaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Meningkatnya kesopanan berperilaku pada siswa kelas XI MA NU Ibtidaul Falah Kudus setelah pemberian layanan Konseling Behavior dengan Teknik Aversi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif (studi kasus) dengan subjek penelitian siswa kelas XI dengan inisial AR,SMU dan SF. Teknik pengumpulan data menggunakan: Interview dan observasi, analisis data menggunakan induktif sistem bacon. Hasil penelitian dari bebrapa pertemuan yang dilakukan yaitu untuk meningkatkan kesopanan berperilaku menggunakan konseling behavior dengan teknik aversi pda pertemuan pertama menunjukan perubahan yang cukup baik, dan pada pertemuan terakhir siswa mampu meningkatkan kesopanan berperilaku, dan mengubah sikap menjadi lebih baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah setelah dilakukan konseling behavior dengan teknik aversi terjadi peningkatan kesopanan berperilaku, maka penelitian ini dikatakan berhasil karena ada peningkatan yang signifikan ditunjukan oleh siswa dalam kesopanan berperilaku. Dengan demikian konseling behavior dengan teknik aversi dapat meningkatkan kesopanan berperilaku siswa. Disarankan kepada: 1) kepada kepala sekolah, ikut berpartisipasi untuk lebih mengawasi segala perilaku yang seharusnya tidak dilakukan siswa 2) kepada konselor sekolah dapat meningkatkan layanan konseling individu untuk meningkatkan kesopanan berperilaku siswa. 3) kepada siswa agar lebih menjaga sikap dan lebih meningkatkan kesopanan berperilaku kepada guru, teman maupun orang lain

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons NIDN : 0629086302 Pembimbing 2 : Edris Zamroni, S.Pd, M.Pd NIDN : 0616069001
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavior, Teknik Aversi, Kesopanan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 24 Aug 2019 02:20
Last Modified: 26 Aug 2019 03:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11269

Actions (login required)

View Item View Item