HIDAYATI, ULIL (2018) Peningkatan pemahaman terhadap pelayanan kesehatan peduli remaja (pkpr) melalui layanan informasi dengan teknik simulasi pada siswa kelas viiid mts ypi klambu tahun pelajaran 2016/2017. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (530kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (230kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (212kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan layanan informasi dengan teknik simulasi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) pada siswa kelas VIII D MTs YPI Klambu. Tahun ajaran 2016/2017. Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) adalah pelayanan kesehatan yang ditujukan dan dapat dijangkau oleh kalangan remaja, menyenangkan, menerima remaja dengan tangan terbuka, menghargai remaja, menjaga kerahasiaan, peka akan kebutuhan terkait akan kesehatannya, serta efektif dan efisien, dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Layanan Informasi merupakan jenis layanan konseling untuk memberikan informasi kepada siswa mengenai pengetahuan tentang data dan fakta dibidang Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) diharapkan para siswa belajar tentang lingkungannya, diri pribadinya maupun merencanakan hidupnya sendiri. Simulasi merupakan tiruan atau perbuatan yang hanya pura-pura saja (dari fakta simulate yang artinya pura-pura atau berbuat seolah-olah, dan simulation artinya tiruan atau perbuatan yang pura-pura saja). Dengan kegiatan ini, maka siswa mampu melihat suatu hal yang ditirukan oleh orang lain maupun oleh dirinya sendiri. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling ini dilaksanakan pada kelas VIII D MTs YPI Klambu dengan subjek penelitian 36 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah layanan informasi dengan teknik simulasi, sedangkan variabel terikat adalah Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Simpulan berdasarkan hasil penelitian: 1. Layanan Informasi dengan Teknik Simulasi dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) 2. Pemahaman Siswa Terhadap Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) dapat Ditingkatkan Melalui Layanan Informasi Teknik Simulasi. Sedang meningkatnya pemahaman siswa terhadap Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja yang dengan layanan informasi teknik simulasi terlihat pada kemampuan siswa dalam memainkan adegan simulasi yang sesuai dengan tahapan yaitu orientasi, Latihan, Proses simulasi, serta tahap pemantapan. Saran: 1.Bagi Kepala sekolah disamping sebagai pimpinan institusi diharapkan tidak henti-hentinya memberikan saran, maupun sarana prasarana yang dapat mewujudkan terselenggaranya semua kegiatan yang bersifat membangun dan mendidik siwa untuk menjadi siswa yang sehat, cerdas dan berkarakter, 2. Bagi siswa hendaknya lebih baik lagi dalam meningkatkan pemahaman terhadap Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) dan memanfaatkan informasi yang mereka dapat tentang pelayanan yang dikhususkan kepada remaja sehingga nantinya siswa dapat memanfaatkan layanan tersebut dan dapat mengatasi masalah yang mungkin dialami oleh siswa tersebut maupun orang disekitarnya, 3.Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan pengembangan pemberian layanan informasi dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) kepada siswa supaya lebih lengkap, menarik dan dapat dimanfaatkan siswa sampai kapanpu sehingga dapat tercipta remaja sehat dan cerdas
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons NIDN : 0612085802 Pembimbing 2 : Drs. Arista kiswantoro, M.Pd NIDN : 0611116401 |
Kata Kunci: | Peningkatan Pemahaman Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di sekolah. Layanan Informasi dengan teknik simulasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:10 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11281 |
Actions (login required)
View Item |