Penerapan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengelola stres siswa dalam menghadapi full day school di kelas xi mipa 8 sma negeri 3 pati tahun ajaran 2017/2018

WULANDARI, NUWAL ELOK (2018) Penerapan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengelola stres siswa dalam menghadapi full day school di kelas xi mipa 8 sma negeri 3 pati tahun ajaran 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (547kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (339kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (472kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (452kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (461kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (327kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (298kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Stres dalam menghadapi full day school merupakan suatu kondisi atau keadaan yang dialami sesorang dimana ada tekanan, kecemasan dan ketakutan yang diakibatkan karena tidak mampu mengontrol dirinya sendiri khususnya dalam aktivitas belajar mengajar saat full day school. Untuk membantu siswa yang mengalami stres dalam menghadapi full day school maka penulis menerapkan Konseling Behavioristik dengan Teknik Self Management. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendiskripsikan faktor penyebab stres dalam menghadapi full day school pada siswa kelas XI MIPA 8 SMA N 3 Pati Tahun Ajaran 2017/2018, 2. Membantu mengelola stres dalam menghadapi full day school pada siswa XI MIPA 8 SMA N 3 Pati Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Sampel sebanyak 3 siswa (AVP, KSF, MAA) ketiga siswa ini terindikasi mengalami stres dalam menghadapi full day school. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis penelitian ini menunjukan penyebab AVP, KSF, MAA mengalami stres dalam menghadapi full day school disebabkan: klien AVP kurang mengelola waktu, pemikiran (persepsi) mengenai full day school yang salah dan pengalaman hidup mengenai cara belajar ketuika berada di bangku SMP. Klien KSF pemikiran negatif thingking terhadap salah satu gurunya dia menganggap bahwa gurunya lebih memperhatikan siswa laki-laki saja, pola pikir yang salah terhadap penerapan full day school,sering pesimis mengenai kemampuan yang, dan KSF mudah sekali terpengaruh dengan temannya. Klien MAA kurang dalam mengelola waktu, pelajaran yang semakin padat dan tuntutan belajar dari orang tuanya. Untuk mengatasi permasalahn tersebut peneliti menggunakan pendekatan behavioristik dengan teknik self management. Dari hasil konseling ketiga siswa tersebut dapat mengelola stres dalam menghadapi full day school. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa tingkat keberhasilan teknik self management efektif digunakan untuk mengelola stres dalam menghadapi full day school pada siswa kelas XI MIPA 8 SMA N 3 Pati. Sehingga siswa dapat berkembang secara optimal. Hal ini dibuktikan adanya perubahan pola pikir maupun perasaan dan tingkah laku dari konseli. Konseli mampu mengelola stres dalam menghadapi full day school, selain itu terjadi perubahan pola pikir maupun perasaan dan perilaku siswa. Peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepada Siswa, yang mengalami stres dalam menghadapi full day school diharapkan dapat mengelola dirinya, lebih memahami keadaan yang ada pada dirinya, dan memahami dampak yang ditimbulkan oleh stes dalam menghadapi full day school. 2. Kepada pihak sekolah, Permasalahan stres dalam menghadapi full day school yang dialami siswa perlu segera diatasi dengan menggunakan pendekatan yang sesuai misalnya dengan menggunakan konseling behavioristik dnegan teknik self management atau dengan berbagai pendekatan yang sesuai lainnya. Karena permasalahan stres dalam menghadapi full day school bila tidak segera diatasi akan berdampak pada kesehatan psikologis maupun fisik siswa dan berpengaruh pada prestasi siswa. 3. Kepada peneliti selanjutnya, Untuk pengembangan penelitian selanjutnya, maka bagi peneliti nantinya dalam upaya menangani stres dalam menghadapi full day school hendaknya lebih memahami kondisi konseli dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul terkait dengan permasalahan yang dialami oleh konseli dan menggunakan berbagai teknik lebih bervariatif sesuai permasalahan yang dialami oleh konseli. Selain itu dalam melakukan penelitian lebih memperbanyak referensi agar mempunyai cukup bekal dalam melakukan penelitian dan akan lebih mudah menerapkan pendekatan behavioristik dengan teknik self management.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons NIDN : 0019065601 Pembimbing 2 : Drs. Masturi, MM NIDN : 0614055701
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioristik, Teknik Self Management, Stres
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 26 Aug 2019 04:30
Last Modified: 26 Aug 2019 04:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11283

Actions (login required)

View Item View Item