Mengatasi prestasi belajar siswa yang rendah melalui konseling behavior dengan teknik gaman pada siswa kelas xi ips 5 sma 1 jekulo

NIKMAH, FAJAR ROTUN (2019) Mengatasi prestasi belajar siswa yang rendah melalui konseling behavior dengan teknik gaman pada siswa kelas xi ips 5 sma 1 jekulo. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (355kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (486kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (359kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (353kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (204kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Prestasi belajar merupakan kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dicapai individu usai mengikuti proses belajar dengan kurun waktu tertentu. Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh pada tanggal 16-17 Oktober, diketahui terdapat beberapa siswa yang tidak memiliki kesadaran dalam memcapai tujuan belajar sehingga menyebabkan beberapa siswa memiliki prestasi belajar rendah. Untuk membantu siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah maka penulis menerapkan konseling behavior dengan teknik GAMAN. Teknik GAMAN merupakan gabungan dari dua teknik behavior yaitu teknik ganjaran dan hukuman. Ganjaran berarti penguatan yang menyenangkan setelah tingkah laku yang diinginkan ditampilkan yang bertujuan untuk tingkah laku yang dilakukan cenderung berulang dan meningkat. Sedangkan hukuman adalah sesuatu yang diberikan untuk membuat tingkah laku yang dikehendaki kecil peluangnya untuk diulang, penguatan ini bersifat tidak menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendiskripsikan faktor penyebab rendahnya prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 5 SMA 1 Jekulo Tahun Ajaran 2018/2019, 2. Membantu meningkatkan prestasi belajar pada siswa XI IPS 5 SMA 1 Jekulo Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Sampel yang di teliti adalah siswa kelas XI IPS 5, subjek sebanyak 3 siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi secara mendalam sehingga nanti mampu memperoleh data yang akurat terhadap permasalahan yang di teliti. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data penelitian ini menunjukkan penyebab AFAF, DTP dan MFCZ memperoleh prestasi belajar rendah disebabkan: konseli AFAF memiliki minat yang kurang baik dengan belajar dan lebih tertarik dengan hiburan seperti game online maupun sosmed. Konseli DTP tidak mampu mengontrol jasmaniahnya sehingga menimbulkan kelelahan fisik karena full day school dan termanjakan oleh asuhan ibunya yang membuat lebih nyaman untuk tidak belajar. Kemudian konseli MFCZ beranggapan bahwa belajar tidak terlalu penting dan kalah dengan kegemarannya bermain basket. Untuk mengatasi permasalahan tersebut di dalam penelitian ini peneliti melakukan konseling menggunakan pendekatan behavior teknik GAMAN. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, peneliti menyimpulkan tingkat keberhasilan teknik GAMAN cukup efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 5 SMA 1 Jekulo. Hal ini didukung dengan bukti adanya perubahan dari beberapa konseli secara pikiran maupun perasaan begitupun tingkah lakunya dalam usaha meningkatkan prestasi belajar. Saran yang diberikan peneliti antara lain: 1) Bagi siswa, yang mengalami prestasi belajar rendah diharapkan mampu menumbuhkan minat belajar untuk meningkatkan prestasi belajarnya. 2) Kepada pihak sekolah, Permasalahan ini perlu segera diatasi dengan menggunakan pendekatan yang sesuai misalnya menggunakan konseling behavior teknik GAMAN ataupun dengan pendekatan dan teknik lainnya. 3) Kepada peneliti selanjutnya dalam melaksanakan penelitian hendaknya lebih memperdalam pengetahuan dan memperbanyak referensi terkait agar memiliki wawasan yang cukup untuk dijadikan bekal dalam melakukan penelitian selanjutnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavior, GAMAN, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Aug 2019 01:26
Last Modified: 27 Aug 2019 01:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item View Item