RIYADI, TEMOK (2018) Penerapan layanan informasi melalui media audio visual untuk meningkatkan persepsi terhadap guru bimbingan dan konselingdi smk n 2 pati. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (405kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (215kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (195kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan pelaksanaan layanan informasi melalui media audio visual persepsi siswa terhadap guru bimbingan dan konseling pada siswa kelas X Mesin 1 SMK N 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018, 2. Mendiskripsikan peningkatan persepsi siswa terhadap guru bimbingan dan konseling dengan layanan informasi melalui media audio visual pada siswa kelas X Mesin 1 SMK N 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Persepsi adalah proses penerimaan stimulus melalui pesan atau informasi kedalam otak manusia. Lalu stimulus itu dihubungkan lewat indra penglihatan, pendengaran, peraba, perasa, penciuman, dan prose situ digabungkan menjadi satu, sehingga timbulah suatu persepsi disekeliling kita. Dalam penelitian ini, melalui layanan informasi berbasis media audio visual bertujuan untuk meningkatkan persepsi siswa terhadap guru bimbingan dan konseling pada siswa kelas X Mesin 1 SMK N 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X Mesin 1, sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan informasi dengan media audio visual, sedangkan vaiabel terikatnya yaitu persepsi siswa terhadap guru imbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data mennggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data jenis deskriptif kualitatif. Hasil penellitian pra siklus sebelum mendapatkan layanan informasi dengan media audio visual menunjukan kategori kurang dengan skor rata-rata 12 (40%). Siklus I mengalami peningkatan yang menunjukan kategori cukup dengan skor rata-rata 16 (53%) yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 4,0 dari pra siklus. Siklus II persepsi siswa terhadap guru bimbingan dan konseling dalam kategori baik dengan rata-rata 22 (73%) yang berarti ada peningkatan 6,0 dari siklus I. Peningkatan hasil obseravsi kolaborator terhadap peeneeliti dalam pemberian layanan informasi mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 58% dalam kategori cukup dan pada siklus II mendapat skor 86% dalam kategori sangat baik. Simpulan hasil penelitiann ini adalah terjadi peningkatan persepsi siswa terhadap guru bimbinngan dan konseling mulai dari pra siklus skor rata-rata 12 (40%) kategori kurang, siklus I skor rata-rata 16 (53%) dalam kategori cukup dan siklus II skor rata-rata 22 (73%) dalam kategori baik. Hasil penilaian kolaborator terhadap tindakan peneliti pada siklus I skor rata-rata 58% dalam kategori kurang dan siklus II skor rata-rata 86% dalam kategori sangat baik. Dengan demikian layanan informasi dengan media audio visual disarankan kepada: 1. Siswa, dapat meningkatkan persepsinya terhadap guru bimbingan dan konseling, 2. Guru BK, dijadikan acuan atau pedoman untuk membantu memberikan alternatif dalam mengarahkan persepsi siswa terhadap guru bimbingan dan konseling melalui layanan informasi dengan media audio visual, 3. Kepala Sekolah, dapat digunakan sebagai kontribusi dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu bimbingan dan konseling
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM NIDN : 0614055701 Pembimbing 2 : Richma Hidayati, M.Pd NIDN : 0612028801 |
Kata Kunci: | Persepsi Siswa Terhadap Guru Bimbingan dan Konseling, Layanan Informasi, Media Audio Visual |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 01:56 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 01:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11298 |
Actions (login required)
View Item |