Meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas ix smp 5 kudus

PRIYATNA, RIDHO ALIF (2019) Meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas ix smp 5 kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (397kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (229kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (436kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (681kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (28kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di SMP 5 Kudus. Teknik sosiodrama merupakan teknik dalam bimbingan kelompok untuk memecahkan masalah-masalah sosial melalui kegiatan bermain peran. Pemilhan teknik sosiodramadirasa tepat karenadapat melatih ketrampilan–ketrampilan hidup, salah satunya adalah ketrampilan untuk meningkatkan meningkatkan hubungan sosial pada teman di sekolah. Sedangkan bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan kelompok yang berinteraksi, saling mengeluarkan pendapat, memberikan tanggapan, saran, dan sebagainya, dimana pemimpin kelompok menyediakan informasi-informasi yang bermanfaat agar dapat membantu individu mencapai perkembangan yang optimal. Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling ini akan dilaksanakan di SMP 5 Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama sedangkan variabel terikatnya yaitu hubungan sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Sunardi, M.Pd Pembimbing 2 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons NIDN : 0629086302
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, hubungan sosial
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Aug 2019 02:14
Last Modified: 27 Aug 2019 02:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11302

Actions (login required)

View Item View Item