Peningkatan kemandirian dalam proses pembelajaran melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siswa kelas xi smk negeri 3 pati tahun pelajaran 2017/2018

ARYSTA, ALFIANA NIA (2019) Peningkatan kemandirian dalam proses pembelajaran melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siswa kelas xi smk negeri 3 pati tahun pelajaran 2017/2018. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (260kB) | Preview
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan konselor dan kemandirian proses pembelajaran siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi di SMK Negeri 3 Pati. Teknik simulasi merupakan teknik dalam bimbingan kelompok yang dapat merangsang berbagai bentuk belajar. Pemilihan teknik simulasi tepat karena dapat melatih keterampilan belajar, salah satunya adalah belajar untuk bersaing, kerja sama, berpikir kritis dan dapat mengambil keputusan. Sedangkan bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan kelompok untuk saling berinteraksi, saling mengeluarkan pendapat, memberikan tanggapan, saran dan sebagainya, dimana pemimpin kelompok menyediakan informasi-informasi yang bermanfaat agar dapat membantu individu mencapai perkembangan yang optimal. Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling ini akan dilaksanakan di SMK Negeri 3 Pati dengan subjek penelitian 10 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi sedangkan variabel terkaitnya yaitu kemandirian dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan mulai dari keterampilan peneliti dalam memberikan layanan bimbingan kelompok sampai dengan meningkatnya kemandirian dalam proses pembelajaran. Keterampilan peneliti dalam memberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I diperoleh rata-rata 64% dan siklus II diperoleh rata-rata 85%. Adapun kemadirian dalam proses pembelajaran siswa diperoleh rata-rata pada siklus I 45,3% dan siklus II 71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan kemandirian dalam proses pembelajaran siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pati. Adapun saran yang diberikan yakni guru atau konselor dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi sebagai cara alternatif untuk meningkatkan kemandirian dalam proses pembelajaran siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Sunardi, M.Pd Pembimbing 2 : Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:09
Last Modified: 27 Aug 2019 02:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11304

Actions (login required)

View Item View Item