Konseling behavioristik teknik self management untuk mengatasi pergaulan bebas siswa pada siswa kelas xi smk pgri 1 mejobo kudus tahun pengajaran 2018/2019

LATIFANI, RISA KURNIA (2019) Konseling behavioristik teknik self management untuk mengatasi pergaulan bebas siswa pada siswa kelas xi smk pgri 1 mejobo kudus tahun pengajaran 2018/2019. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (294kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (453kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (489kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (363kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (265kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Untuk menemukan faktor-faktor yang menjadi penyebab Pergaulan Bebas Siswa Kelas XI SMK PGRI I Mejobo Kudus. 2. Membantu Mengatasi Pergaulan Bebas Siswa melalui Konseling Teknik Self ManagementSiswa Kelas X SMK PGRI 01 Mejobo Kudus. Pandangan sifat Behavioristik terletak pada kodrat manusia yang bertumpu pada perilaku manusia yang bertujuan mengubah perilaku manusia yang salah menjadi perilaku manusia benar, perilaku yang salah muncul karena manusia itu telah belajar bertingkah laku yang salah yang didapat dari interaksi dengan lingkungan. Teknik self managementmerupakan sebuah teknik yang berfokus pada pengubahan dan mengatur perilaku klien sendiri dengan teknik teraupetik. Teknik ini dimaksudkan agar individu dapat mengelola pikiran, perasaan dan perbuatan mereka sehingga mendorong pada pengindraan terhadap hal-hal yang tidak baik dan peningkatan hal-hal yang baik dan benar. Pergaulan bebas siswa dapat mengakibatkan menurunnya minat belajar siswa baik di sekolah maupun diluar sekolah dan berdampak pada perilaku siswa. Jenis penelitian in yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan metode kualitatif adalah salah satu metode penelitian berdasarkan pengumpulan data secara subyekitf yang sedang dialami pihak yang diteliti. Subyek yang diteliti yaitu MRF, MZA, SER siswa kelas XI TKJ SMK PGRI I Mejobo Kudus yang memiliki permasalahan untuk mengatasi pergaulan bebas siswa yang mempengaruhi proses belajarnya sebanyak 3 siswa, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dan nantinya akan mendapatkan data yang akurat terhadap permasalahan subyek. Hasil penelitian studi kasus tentang siswa yang memiliki permasalahan Untuk Mengatasi Pergaulan Bebas di SMK PGRI I Mejobo Kudus T.P 2018/2019. Jenis penelitian Studi Kasus dengan menggunakan model Konseling Behavioristik Teknik Self Management dengan subyek penelitian 3 siswa yang dilaksanakan pada bulan Mei sampai bulan Agustus 2018. Kasus Klien I(MRF) perubahan sikap siswa sebagai berikut : 1. Siswa Mampu Menguasai Pelajaran dengan Baik, 2. Siswa Lebih Fokus dalam Mengikuti Pelajaran, 3. Siswa Sudah tidak Memenangkan Egonya Sendiri.Kasus Klien II (MZA), perubahan sikap siswa sebagai berikut : 1. SiswaSudah bisa Menerima Nasehat yang Diberikan, 2. Siswa Emosinya yang Sudah Kembali Stabil, 3. Siswa yang Semangat dalam Belajar. Dan Kasus Klien III (SER), perubahan sikap siswa sebagai berikut : 1. Siswa Mampu Menguasai Pelajaran dengan Baik, 2. Siswa Sudah bisa Menerima Nasehat yang Diberikan, 3. Siswa yang Emosinya Sudah Stabil. Simpulan hasil penelitian ini adalah untuk mengatasi pergaulan bebas dengan Teknik Self Management dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan.Saran peneliti yang di sampaikan antara lain : 1. Kepala Sekolah mampu menciptakan suasana sekolah yang tertib, tentram dan nyaman dengan memberikan pengarahan kepada dewan guru agar lebih memperhatikan siswa-siswinya di sekolah. 2. Guru Bimbingan dan Konseling dapat mengamati perkembangan perilaku siswa setiap hari di sekolah, dan mengawasi bagaimana siswa-siswinya bergaul di sekolah baik dengan bapak-ibu gurunya maupun dengan teman-temannya. 3. Orang tua siswa harus sigap dan memantau perilaku dan pergaulan putra-putrinya di rumah, dan mencari informasi mengenai putera-puterinya di sekolah, apakah sudah selayaknya menjadi siswa yang baik apa malah sebaliknya. 4. Sebagai seorang siswa seharusnya patuh terhadap peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah, apabila mempunyai masalah diharapkan siswa tersebut segera membicarakannya dengan guru bk, wali kelas maupun dengan yang lainnya. Dan peneliti selanjutnya, kedepannya peneliti diharapkan dapat bisa melatih kesabaran dalam pelaksanaan pelayanan terhadap penyelesaian dan menggunakan berbagai teknik konseling agar masalah yang dihadapi siswa bisa diatasi secara tuntas

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd.Kons NIDN : 0019065601 Pembimbing 2 : Drs. Masturi, MM NIDN : 0614055701
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioristik,TeknikSelf ManagementdanMengatasi Pergaulan Bebas
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Aug 2019 02:40
Last Modified: 27 Aug 2019 02:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11306

Actions (login required)

View Item View Item