Peningkatan perencanaan karir melalui layanan penguasaan konten media genogram pada siswa kelas x ips 3 sma negeri 3 pati

ASIH, NUR (2019) Peningkatan perencanaan karir melalui layanan penguasaan konten media genogram pada siswa kelas x ips 3 sma negeri 3 pati. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (8MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (378kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (88kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (130kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeksripsikan penerapan Layanan Penguasaan Konten Konten Media Genogram dalam meningkatkan perencanaan karir pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Mendeskripsikan peningkatan perencanaan karir siswa setelah pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten Media Genogram pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 3 Pati. Perencanaan karir dalam penelitian ini merupakan kemampuan siswa untuk memilih jenjang pendidikan lanjut yang sesuai dengan bakat, minat serta kompetensi siswa. Selain dalam jenjang pendidikan lanjut, perencanaan karir juga meliputi kemampuan siswa untuk merencanakan jenis pekerjaan yang dapat dipilih oleh siswa setelah lulus dari SMA, dengan mempertimbangkan lokasi pekerjaan, gaji yang diinginkan, kompetensi yang dibutuhkan dan pertimbangan dari keluarga. Layanan penguasaan konten media genogram merupakan layanan yang diberikan oleh peneliti kepada siswa untuk dapat memiliki perencaan karir yang baik melalui pemberian kompetensi yang diberikan oleh peneliti agar mampu merencanakan karir dengan baik. Dengan harapan siswa mampu mengidentifikasi arah pilihan akademik dan jenjang karir yang dipilih oleh siswa sebagai anggota keluarga. Penelitian ini dilakukan pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian yaitu 37 siswa X IPS 3 SMA Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik mixedmethoddengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian menunjukan jumlah skor perencanaan karir siswa pra siklus sebesar 10,49 (37%) kategori (Sangat Kurang). Setelah pemberian layanan penguasaan konten media genogram pada siklus I di pertemuan pertama meningkat dan mendapatkan skor 12,38 (44%) kategori (Kurang), pertemuan kedua siswa mendapatkan skor 14,08 (50%) kategori (Kurang), pertemuan ketiga siswa mendapatkan skor 15,84 (57%) kategori (Kurang). Pada siklus II perencanaan karir siswa kembali meningkat. Pertemuan pertama siswa mendapatkan skor 17,51 (63%) kategori (Baik), pertemuan kedua siswa mendapatkan skor 18,97 (68%) kategori (Baik), pertemuan ketiga mendapatkan skor 21,16 (76%) kategori (Sangat Baik). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1. Aktivitas peneliti dalam penerapan layanan penguasaan konten media genogram untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 3 Pati pada siklus I memperoleh skor 131 (66%) kategori (Cukup). Pada siklus II peneliti memperoleh peningkatan skor sehingga memperoleh skor 151 (78%) (Baik). 2. Perencanaan karir siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 3 Pati sebelum pelaksanaan layanan penguasaan konten media genogram diketahui sebesar 10,49 (37%) kategori (Sangat Kurang). Setelah pemberian layanan pengasaan konten media genogram pada siklus I diketahui perencanaan karir siswa mencapai skor 15,84 (57%) kategori (Kurang). Pada siklus II perencanaan karir siswa mencapai skor 21,16 (76%) kategori (Sangat Baik).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Karir. Layanan Penguasaan Konten. Genogram.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Aug 2019 02:25
Last Modified: 27 Aug 2019 02:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11309

Actions (login required)

View Item View Item