Peningkatan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas melalui layanan penguasaan konten teknik self management pada kelas x iis 1 sma negeri 1 pecangaan jepara

FEBRIANI, ERVINA (2019) Peningkatan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas melalui layanan penguasaan konten teknik self management pada kelas x iis 1 sma negeri 1 pecangaan jepara. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (10MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (337kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (13MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (88kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (131kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (768kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan kemampuan peneliti dalam penerapan Layanan Penguasaan Konten Teknik Self Management dalam meningkatkan keidisiplinan dalam mengerjakan tugas pada siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2017/2018. 2. Mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas pada siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Pacangaan Jepara tahun pelajaran 2017/2018 setelah pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten Teknik Self Management. Disiplin mengerjakan tugas merupakan sikap siswa selalu mengumpulkan tugas sesuai dengan ketentuan waktu yang telah ditentukan oleh guru mata pelajaran. Layanan Penguasaan Konten Teknik Self Management merupakan layanan yang diberikan oleh peneliti untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara melalui kegiatan pemberian materi atau konten dalam suasana klasikal di dalam kelas. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti adalah 36 siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixedmethod dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian dimulai dari pra siklus yang menunjukan kedisiplinan mengerjakan tugas siswa pada skor 19,44 (39%) kategori (cukup). Pada siklus I pertemuan pertama kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas pada skor 22,25 (45%) kategori (Kurang), pertemuan kedua siswa mendapatkan skor 25,97 (52%) kategori (Cukup), pertemuan ketiga 29,14 (58%) kategori (Cukup). Pada siklus II pertemuan pertama siswa mendapatkan skor 34,06 (68%) kategori (Baik), pertemuan kedua siswa mendapatkan skor 38,53 (77%) kategori (Baik), pertemuan ketiga siswa mendapatkan skor 41,03 (82%) kategori (Sangat Baik). Kesimpulan dari hasil penelitian ini sebagai berikut. 1. Peningkatan keterampilan peneliti dalam pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten Teknik Self Management di siklus I mendapatkan skor 109 (55%) kategori (Cukup). Pada siklus II peneliti memperoleh skor 161 (81%) kategori (Baik). 2. Peningkatan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara telah berhasil dilakukan. Hal tersebut diketahui pada pra siklus siswa memperoleh skor sebesar 19,44 (39%) kategori (Kurang). Pada siklus I siswa memperoleh skor 29,14 (58%) kategori (Cukup). Pada siklus II siswa memperoleh skor 41,03 (82%) kategori (Sangat Baik). Saran yang disampaikan peneliti kepada pihak-pihak yang terkait penelitian ini sebagai berikut: 1. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya mampu meningkatkan kedisiplinan sekolah dalam berbagai aspek, terutama dalam kedisiplinan akademis, serta memberikan dukungan sistem yang baik kepada para guru bimbingan dan konseling agar mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling dengan sangat baik. 2. Siswa: Siswa hendaknya memelihara kedisiplinan dalam dalam mengerjakan tugas setelah mendapatkan Layanan Penguasaan Konten Teknik Self Management. 3. Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling hendaknya membuka komunikasi aktif dengan berbagai aspek komponen sekolah, seperti guru mata pelajaran dan kepala sekolah. Agar pemberian layanan dapat berjalan dengan baik dan tidak ada lagi hambatan yang dimiliki oleh siswa terutama dalam bidang belajar. 4. Guru Mata Pelajaran: Guru mata pelajaran hendaknya berkomunikasi dengan guru bimbingan dan konseling jika mendapatkan atau mengetahui siswa atau kelas yang mengalami hambatan dalam perkembangannya, khususnya pada aspek belajar atau kognitif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Kedisiplin Mengerjakan Tugas, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Self Management
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Aug 2019 02:48
Last Modified: 27 Aug 2019 02:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11316

Actions (login required)

View Item View Item