Peningkatan kepekaan sosial melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room pada siswa kelas xi ips 2 sma n 2 kudus tahun ajaran 2018/2019

PERTIWI, NOVI PUTRI (2019) Peningkatan kepekaan sosial melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room pada siswa kelas xi ips 2 sma n 2 kudus tahun ajaran 2018/2019. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Home Room untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 2 Kudus, 2. Kepekaan sosial dapat ditingkatkan melalui layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Home Room Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 2 Kudus. Kepekaan sosial merupakan kondisi atau keadaan seseorang yang mudah merasa, terangsang dan bereaksi terhadap hal-hal kemasyarakatan. Sedangkan layanan bimbingan kelompok yaitu suatu layanan dalam bimbingan dan konseling yang memanfaatkan dinamika kelompok untuk membantu individu dalam mengambangkan potensinya dalam pengambilan keputusan dan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Home Room adalah suatu program kegiatan yang dilakukan dengan tujuan supaya guru dapat mengenal peserta didiknya lebih baik, sehingga dapat membantunya secara efisien. Hipotesis penelitian: 1. Adanya peningkatan keterampilan peneliti dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room untuk meningkatkan kepekaan sosial pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 2 Kudus tahun ajaran 2018/2019. 2. Teratasinya kepekaan sosial melalui layanan bimbingan kelompok teknik home room yang efektif untuk meningkatkan kepekaan sosial pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 2 Kudus tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 2 Kudus, sebanyak 10 siswa yang mempunyai kekurangan dalam sikap kepekaan sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian peneliti menguraikan pada pra siklus anggota kelompok mendapatkan skor 185 dengan rata-rata 18,5 (37%) kategori rendah. Pada siklus I pertemuan ketiga mendapat skor 276 dengan rata-rata 27,6 (55,0%) dalam kategori cukup. Pada siklus II pertemuan ketiga mendapatkan skor 394 dengan rata-rata 39,4 (78,8%) kategori tinggi. Simpulan dalam penelitian sebagai berikut: 1. Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room pada siklus I memperoleh skor 60 (60%) kategori cukup, pada siklus II memperoleh skor 80 (80%) kategori tinggi. Jadi hipotesis yang menyatakan “Peningkatan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Home Room pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 2 Kudus”, diterima dikarenakan telah mencapai indikator keberhasilan, 2. Kepekaan sosial dapat diatasi setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room pada siswa kela XI IPS 2 SMA N 2 Kudus, diterima dikarenakan telah mencapai indikator keberhasilan dibuktikan dengan pada siklus I memperoleh skor 24,9 (49,8%) kategori rendah dan pada siklus II memperoleh skor 35,1 (70,3%) kategori tinggi maka terjadi peningkatan sebesar 20,5%. Jadi hipotesis yang menyatakan “Kepekaan Sosial dapat diatasi setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 2 Kudus”, diterima dikarenakan telah mencapai indikator keberhasilan. Saran yang peneliti sampaikan antara lain: 1. Kepala Sekolahdiharapkan dapat memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung program kegiatan agar layanan bimbingan konseling dapat terlaksana dengan baik 2. Siswadapat memanfaatkan sarana dari konselor sekolah untuk membantu siswa yang ingin memecahkan masalah yang sedang dialami terkait dengan meningkatkan kepekaan sosial, 3. Konselordiharapkan mampu menjalin hubungan yang baik dengan siswa dan memberikan kesempatan siswa untuk menyampaikan permasalahannya

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons NIDN : 0612085802 Pembimbing 2 : Richma Hidayati, S. Pd. M.Pd NIDN : 0612028801
Kata Kunci: Kepekaan Sosial, Bimbingan Kelompok, Teknik Home Room
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Aug 2019 03:14
Last Modified: 27 Aug 2019 03:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11327

Actions (login required)

View Item View Item