Meningkatkatkan kedisiplinan belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi pada siswa kelas x ma manzilul ulum kudus tahun ajaran 2017/2018

MUFLICHAH, ANA (2019) Meningkatkatkan kedisiplinan belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi pada siswa kelas x ma manzilul ulum kudus tahun ajaran 2017/2018. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (332kB) | Preview
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan keterampilan peneliti dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Simulasi untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X MA MANZILUL ULUM Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. 2. Meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X MA MANZILUL ULUM Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. Kerdisiplinan belajar adalah kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tampa paksaan dari siapa pun Untuk meningkatkan kerdisiplinan belajar peneliti berupaya untuk meningkatkan kedisiplinan belajar menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah kelas X-Agama Ma Manzilul Ulum Kudus Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 10 siswa yang mempunyai pemahaman Kedisiplinan belajar sangat rendah.Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setiap terdiri dari dari 3 pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus Kedisiplinan belajar menunjukkan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 17,7 (35,4%). Siklus I Kerjasama OSIS mengalami mengalami peningkatan dalam kategori cukup (C)dengan rata-rata skor 26,5 (53%) yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 18% dari pra siklus. Siklus II Kedisiplinan belajar dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 42,2(84,4%) yang berarti ada peningkatan 31%. Peningkatan aktivitas peneliti mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 58 dalam kategori cukup (C) dan pada siklus II skor rata-rata 97% dengan kategori sangat baik (SB). Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan Kedisiplinan belajar dari Pra Siklus skor rata-rata 17,7 kategori sangat kurang, , Siklus I skor rata-rata 26,5 kategori cukup (C) dan pada Siklus II skor rata-rata 42,2 dengan kategori sangat baik (SB). Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Disarankan kepada: 1. Kepada Guru Pembimbing, agar memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi berkaitan dengan Kerjasama kepada siswa secara intensif serta sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal. 2. Kepada Siswa, agar siswa terbantu dalam meningkatkan kedisiplinan belajar melalui layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi.3. Kepada Peneliti, mampu menyalurkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama melakukan penelitian dan dapat melakukan penelitian lebih lanjut lagi mengenai kedisiplinan belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Sunardi, M.Pd Pembimbing 2 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Aug 2019 03:44
Last Modified: 27 Aug 2019 03:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11337

Actions (login required)

View Item View Item