Mengatasi perilaku menyontek di sekolah dengan menggunakan teknik aversion pendekatan konseling behavior pada siswa kelas 5 sd 1 ngembal kulon

SYIFA’, PUTRI AZHAR (2018) Mengatasi perilaku menyontek di sekolah dengan menggunakan teknik aversion pendekatan konseling behavior pada siswa kelas 5 sd 1 ngembal kulon. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (807kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (293kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (459kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (361kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (407kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (324kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Perilaku menyontek merupakan perilaku yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan keberhasilan dengan cara yang tidak fair atau tidak jujur dan merugikan orang lain, meliputi mencontoh, menjiplak pekerjaan orang lain tanpa ijin serta mengambil dari internet pada saat disituasi tertentu seperti mengerjakan tugas dan saat tes atau ujian. Untuk menangani permasalahan tersebut peneliti berupaya mengatasi perilaku menyontek menggunakan teknik aversion pendekatan konseling behavior. Masalah penelitian ini adalahbagaimana pelaksanaan teknik aversion pendekatan konseling behavior untuk mengatasi perilaku menyontek siswa kelas 5 SD 1 Ngembal Kulon. Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan teknik aversion pendekatan konseling behavior untuk mampu mengatasi perilaku menyontek pada siswa kelas 5 SD 1 Ngembal Kulon, 2. Diperolehnya manfaat atas pengentasan perilaku menyontek yang dilakukan oleh siswa kelas 5 SD 1 Ngembal Kulon setelah diberikan teknik aversion pendekatan behavior ini. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus teknik analis data induksi sistem bacon dengan alasan penelitian yang dilaksanakan bersifat kualitatif. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas 5 SD 1 Ngembal Kulon sebanyak 3 siswa yang melakukan menyontek. Pelaksanaan penelitian dilakukan tiga kali konseling untuk setiap siswa. Metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh hal yang menyebabkan konseli I (DK) melakukan menyontek adalah: 1. Faktor internal yaitu malas belajar dan kecanduan bermain game. 2. Faktor eksternal yaitu tidak ada yang mengingatkan dan memotivasi konseli DK ketika sedang bermain game serta tidak memperhatikan pelajaran dengan baik. Hal yang menyebabkan konseli II (MR) melakukan menyontek adalah: 1. Faktor internal yaitukurang percaya diri dan takut jika jawaban hasil pekerjaannya sendiri salah. 2. Faktor eksternal yaitutidak ada seseorang yang memotivasi atau menolong konseli MR untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Sedangkan hal yang menyebabkan konseli III (SJ) adalah: 1. Faktor internal yaitu kesulitan menjawab soal yang disebabkan konseli SJ tertinggal materi pelajaran karena konseli SJ jarang berangkat sekolah. 2. Faktor eksternal yaitu kurang adanya orang yang memotivasi konseli SJ untuk rajin berangkat sekolah karena orang tuanya yang sibuk bekerja dari pagi. Simpulan hasil penelitian ini adalah konseli I (DK)setelah proses konseling yang kedua belum sepenuhnya berubah, tetapi pada konseling ketiga konseli DK sudah memahami tingkah lakunya dan ada sedikit perubahan untuk meninggalkan perilaku menyonteknya tersebut. Hasil penelitian konseli II (MR) dari proses konseling pertama sampai ketiga konseli MR mampu mengubah perilakunya dari perilaku menyontek dan kurang percaya diri menjadi perilaku yang diharapkan yaitu menjadi siswa yang percaya diri dan tidak berperilaku menyontek lagi. Hasil penelitian konseli III (SJ) dari proses konseling pertama sampai ketiga konseli SJ mampu mengimplementasikan teknik aversion dengan baik serta mengubah perilakunya dari perilaku menyontek dan malas berangkat sekolah menjadi perilaku yang diharapkan yaitu menjadi siswa yang rajin berangkat sekolah dan tidak berperilaku menyontek lagi. Dengan demikian dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling behavior teknik aversion untuk mengatasi perilaku menyontek yang dialami ketiga konseli efektif karena dapat mengatasi permasalahan konseli sehingga konseli tidak lagi melakukan menyontek dan berubah menjadi lebih baik. Disarankan kepada: 1. Kepala sekolah, perlu mengadakan pertemuan secara periodik dengan wali kelas untuk membahas permasalahan yang terjadi pada peserta didik di kelas terutama perilaku menyontek di sekolah. 2. Guru atau wali kelas,dapat menggunakan hasil pertemuan dengan peneliti untuk memperhatikan konseli dan mengenali permasalahan-permasalahan siswa di kelas secara mendalam. 3. Siswa,hendaknya mampu menyadari akan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pelajar dan mampu mengatasi masalah yang sedang dialaminya, agar dapat melaksanakan tugas perkembangannya dengan baik sesuai dengan prosedurnya. 4. Peneliti, agar lebih memperdalam mengenai konseling behavior, bahwa konseling behavior dengan teknik aversion jenis covert sensitization mampu merubah tingkah laku individu

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Susilo Rahardjo, M. Pd. Kons NIDN : 0019065601 Pembimbing 2 : Drs. Sucipto, M. Pd. Kons NIDN : 0629086302
Uncontrolled Keywords: Perilaku Menyontek, Teknik Aversion, Pendekatan Konseling Behavior
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Aug 2019 04:00
Last Modified: 27 Aug 2019 04:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11343

Actions (login required)

View Item View Item