Pengembangan buku dongeng rakyat berbasis kearifan lokal pati untuk meningkatkan kualitas gerakan literasi sekolah

WIDAYATI, SRI (2018) Pengembangan buku dongeng rakyat berbasis kearifan lokal pati untuk meningkatkan kualitas gerakan literasi sekolah. Tesis Magister thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (792kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (164kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (191kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (329kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (648kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (54kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (37kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan profil buku dongeng rakyat berbasis kearifan lokal Pati untuk meningkatkan kualitas Gerakan Literasi Sekolah, 2) mengembangkan buku dongeng rakyat berbasis kearifan lokal Patiuntuk meningkatkan kualitas Gerakan Literasi Sekolah, 3) menganalisis keefektifan buku dongeng rakyat berbasis kearifan lokal Pati untuk meningkatkan kualitas Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini termasuk PenelitiandanPengembangan (researchand development /R & D). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas 6 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Margoyoso. Produk dari Penelitian dan Pengembangan ini berupa buku dongeng berbasis kearifan lokal Pati. Penelitian ini dilaksanakan sampai tujuh langkah yaitu : 1)analisis kebutuhan, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi oleh ahli, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, 7) produksi (penggandaan produk). Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan mastery learning untuk menganalisis keefektifan buku dongengnya. Hasil Penelitian diperoleh bahwa 1) profil buku dongeng rakyat berbasis kearifan lokal Pati merupakan buku dongeng rakyat yang berasal dari dongeng lesan menjadi dongeng tertulis dengan mengaitkan kearifan lokal Pati, dikemas menarik dan bahasa mudah dipahami oleh peserta didik. 2) Penelitian dan pengembangan menghasilkan produk buku dongeng rakyat berbasis kearifan lokal pati dengan lima cerita yaitu dengan judul Mbah Mutamakkin, Sendang Sani, Dalang Soponyono, Pangeran Josari, dan Genuk Kemiri. 3) Buku dongeng rakyat berbasis kearifan lokal Pati terbukti dapat meningkatkan kualitas Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan ketuntasan belajar yang ditunjukan dengan hasil rata-rata ketuntasan individual 84%, ketuntasan klasikal 94%,dan daya serap klasikal 85%. Disamping itu melalui pengembangan buku dongeng rakyat berbasis kearifan lokal Pati ini dapat meningkatkan motivasi membaca pada waktu Gerakan Literasi sekolah (GLS). Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) guru perlu memperkenalkan kearifan lokal untuk pendidikan karakter peserta didik. 2) guru perlu memberikan buku-buku kearifan lokal untuk mengurangi peserta didik yang sering bermain game di gatget.

Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd NIDN : 0607036901 Pembimbing 2 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601
Uncontrolled Keywords: dongeng rakyat, kearifan lokal, literasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 31 Aug 2019 02:36
Last Modified: 31 Aug 2019 02:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11365

Actions (login required)

View Item View Item