Pengembangan model problem based learning (pbl) Berbasis teori bruner dalam pembelajaran matematika kelas iv sd

SARI, ENY LISNA (2019) Pengembangan model problem based learning (pbl) Berbasis teori bruner dalam pembelajaran matematika kelas iv sd. Tesis Magister thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (728kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (561kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (607kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (834kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (450kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (432kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (519kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan model Problem Based Learning (PBL) berbasis teori Bruner dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD, (2) Mengembangkan model Problem Based Learning (PBL) berbasis teori Bruner dalam pembelajaran matematika kelas IV SD, (3) Menganalisis keefektifan pengembangan model Problem Based Learning (PBL) berbasis teori Bruner dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Borg and Gall memaparkan sepuluh langkah pelaksaan penelitian. Namun dalam penelitian ini karena ada keterbatasan waktu dan biaya maka peneliti menyederhanakan menjadi 8 langkah, tahap (1) petensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) ujicoba pemakaian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di beberapa sekolah di kabupaten Kudus. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji ahli dan keefektifan melalui penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran dan keterlibtan siswa dalam pembelajaran masih rendah. Pengorganisasian siswa dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran belum mendapatkan minat dari siswa. Hasil pengembangan diperoleh desain pengembangan model meliputi beberapa komponen yaitu sintak, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung dan dampak instruksional. Hasil analisis keefektifan model pembelajaran kelas E1 diperoleh t hitung 11,51 > t tabel 1,68, kelas E2 t hitung 8,32 > t tabel 1,72, dan E3 t hitung 5,99 > t tabel 1,76. Karena hasil ketiga kelas t hitung > t tabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model. Jadi model pembelajaran efektif dilaksanakan ditiga kelas eksperimen. Dengan demikian model Problem Based Learning (PBL) berbasis teori Bruner dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD efektif diterapkan dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Dr. Sri Surachmi W, M.Pd NIDN : 0625016801
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Problem Based Learning (PBL), Bruner, Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 31 Aug 2019 02:42
Last Modified: 31 Aug 2019 02:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11366

Actions (login required)

View Item View Item