Efektivitas pendekatan open-ended dengan model pmri dalam pemahaman konsep dan komunikasi matematika kelas v sd

ERMAWATI, DIANA (2018) Efektivitas pendekatan open-ended dengan model pmri dalam pemahaman konsep dan komunikasi matematika kelas v sd. Tesis Magister thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (380kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (576kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (895kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (237kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengukur efektivitas pendekatan Open-Ended dengan model PMRI dalam pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD pada materi volume kubus dan balok tahun pelajaran 2017/2018, 2) mengukur efektivitas pendekatan Open-Ended dengan model PMRI dalam komunikasi matematika siswa kelas V SD pada materi volume kubus dan balok tahun pelajaran 2017/2018, dan 3) menganalisis perbedaan efektivitas pendekatan Open-Ended dengan model PMRI terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa kelas V SD pada materi volume kubus dan balok tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas V SD di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak tahun pelajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih empat sampel, yaitu kelas V SD Kendaldoyong 2 dan kelas V MI Miftahussalam 1 sebagai kelas kontrol yang dikenai pembelajaran konvensional, sedangkan kelas VB SD Plus Latansa dan kelas V SD Kendaldoyong 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan open-ended dengan model PMRI. Teknik pengumpulan data pada menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians (homogenitas), serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuanpemahaman konsep menggunakan pendekatan Open-Endeddengan model PMRIsebesar 74,77 lebih efektif daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsepdengan model konvensional32,57. Uji perbedaan rata-rata pemahaman konsep diperoleh nilai thitung = 15,937 > ttabel = 1,660. Kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan pendekatan Open-Endeddengan model PMRI sebesar 78,,17 lebih efektif daripada pembelajaran dengan model konvensional yaitu 39,76. Uji perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematika diperoleh nilai thitung= 11,800> ttabel=1,660. Hasil uji perbedaan antara pemahaman konsep dan komunikasi matematika yang menggunakan pendekatan Open-Ended dengan model PMRI dengan uji t dua pihak diperoleh hasil-ttabel< thitung< ttabel (-1,6612< -1,326< 1,6612) maka Ho diterima. Data tersebut menunjukkan tidak ada perbedaan efektivitas pendekatan Open-Ended dengan model PMRI terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematika. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendekatan Open-Ended dengan model PMRI efektif digunakan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa.Peneliti menyarankan dalam upaya untuk mengoptimalkan proses pembelajaran pemahaman konsep dan komunikasi matematika, guru sebaiknya menyajikan permasalahan yang menarik bagi siswa, sehingga siswa lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Peneliti selanjutnya dengan pendekatan open-ended dengan model PMRI sebaiknya dapat membimbing setiap karakter siswa dengan tepat untuk memahami suatu konsep dan meningkatkan komunikasi matematika siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd NIDN : 0607036901
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open-Ended, PMRI, Pemahaman Konsep, Komunikasi Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 31 Aug 2019 02:53
Last Modified: 31 Aug 2019 02:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11368

Actions (login required)

View Item View Item