Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajarangroupinvestigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik integratif siswa kelas iv sd kabupaten kudus

BADAWI, AHMAD KHOIRIL (2019) Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajarangroupinvestigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik integratif siswa kelas iv sd kabupaten kudus. Tesis Magister thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (187kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (192kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (498kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (396kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (426kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (95kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (235kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik. Menganailis pengaruh model group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik serta menganalisis perbedaan pengaruh model problem based learning dan model group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan bentuk nonequalivalent control group design. Populasinya adalah siswa kelas IV SD yang sudah menerapkan kurikulum 2013 di Kecamatan JekuloKabupaten Kudus yang terdiri dari 60 sekolah pada 11 desa. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah dengan teknik Cluster Random Sampling yang dilanjutkan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Metode analasis data menggunakan gains skor, uji-t dan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikiri kritis siswa sebesar 90,2%. (2) penerapan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikiri kritis siswa sebesar 90,5%. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 90,2% sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model Group Investigation dengan media gambar seri sebesar 90,5%. Simpulan penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikiri kritis siswa (2) penerapan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikiri kritis siswa (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Dr. Suad, M.Pd NIDN : 0601085902
Uncontrolled Keywords: problem based learning, group investigation, berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 31 Aug 2019 02:58
Last Modified: 31 Aug 2019 02:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11369

Actions (login required)

View Item View Item