Pengembangan modelrealistic mathematic education (rme) berbasis literasi dan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di sekolah dasar

ROHIM, DHINA CAHYA (2018) Pengembangan modelrealistic mathematic education (rme) berbasis literasi dan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Tesis Magister thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (374kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (506kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (608kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (693kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (324kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (603kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan karakteristik model RME pada pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Pati, (2) mendeskripsikan pelaksanaan literasi pada pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Pati, (3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Pati, (4) membuat desain pengembangan model RME berbasis literasi dan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Pati, dan (5) menguji keefektifan model RME berbasis literasi dan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Pati. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (research & Development).Borg & Gall memaparkan sepuluh langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan. Namun pada penelitian dan pengembangan ini tidak memakai langkah 8 dan 9 karena keterbatasan waktun dan biaya dari peneliti. Tahap pengembangan model tersebut dapat disederhanakan menjadi empat tahap yaitu (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan, (3) uji lapangan dan (4) diseminasi. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD di Kabupaten Pati. Uji keabsahan data meliputi analisis data penilaian validator (uji ahli) dan uji keefektifan model pembelajaran. Uji keefektifan model pembelajaran dilakukan melalui penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik model RME antara lain yaitu penggunaan masalah kontekstual dan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajarannamun terdapat kendala dalam peaksanaannya yaitu keterbatasan waktu dan kurangnya minat siswa. Pelaksanaan literasi di sekolah dasar di Kabupaten Pati dilaksanakan masih dalam tahap pembiasaan. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di sekolah dasar di Kabupaten Pati masih kurang. Desain pengembangan model RME berbasis literasi dan pemecahan masalah meliputi beberapa komponen yaitu sintak, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung dan dampak instruksional. Analisis hasil tes akhir pembelajaran diperoleh thitung = 14,43 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung> ttabel maka ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi pembelajaran pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian model RME berbasis literasi dan pemecahan masalah ini efektif diterapkan dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd NIDN : 0607036901 Pembimbing 2 : Dr. Santoso, M.Pd NIDN : 0629086201
Uncontrolled Keywords: pengembangan, Realistic Mathematic Education (RME), literasi, pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 31 Aug 2019 03:09
Last Modified: 31 Aug 2019 03:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11371

Actions (login required)

View Item View Item