Pengembanganpenilaian autentik berbasis tauhid pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas iv sekolah dasar

SETYOWATININGSIH, - (2019) Pengembanganpenilaian autentik berbasis tauhid pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas iv sekolah dasar. Tesis Magister thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (537kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (245kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (511kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (592kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (792kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (430kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (102kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (215kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (965kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk(1) mendeskripsikan penilaian autentik kurikulum 2013Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus; (2) mendeskripsikan pembelajaran berbasis tauhid pada kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus; (3) mendeskripsikan desain penilaian autentik berbasis tauhid pada pembelajaran kurikulum 2013Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus; (4) mendeskripsikan keefektivan penilaian autentik berbasis tauhid pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus. Penelitianini berjenisresearchand development (R&D)merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan sampai tujuh langkah saja, di antaranya: 1) potensidan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan, penilaian autentik pada kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus terdiri dari pembuatan perencanaan pembelajaran yang terdiri dari Silabus dan RPP, melakukan penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Pembelajaran berbasis tauhid pada kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis tauhid.Pembelajaran tersebut meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Desain penilaian autentik berbasis tauhid pada pembelajaran kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus terdiri dari perencanaan berbasis tauhid, pembelajaran berbasis tauhid, dan penilaian autentik berbasis tauhid. Perencanaan terdiri dari Silabus dan RPP berbasis tauhid.Keefektivan penilaian autentik berbasis tauhid pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus menunjukkan nilai uji t pada SD Muhammadiyah 1 diperoleh t hitung =5,02 sedangkan t tabel = 1,70, uji t dapat disimpulkan t hitung>t tabel maka Ho diterima dan pengembangan penilaian autentik berbasis tauhid efektif diterapkan. Berdasarkan nilai uji t pada SDIT Umar Bin Khathab diperoleh t hitung =8,28sedangkan t tabel = 1,69, uji t dapat disimpulkan t hitung>t tabel maka Ho diterima. Oleh karena itu, produk layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd NIDN : 0607036901 Pembimbing 2 : Dr. Santoso, M.Pd NIDN : 0629086201
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Tauhid, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 31 Aug 2019 03:48
Last Modified: 31 Aug 2019 03:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11377

Actions (login required)

View Item View Item