SETYOWATININGSIH, - (2019) Pengembanganpenilaian autentik berbasis tauhid pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas iv sekolah dasar. Master thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
JUDUL.pdf - Accepted Version Download (537kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (245kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (792kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (215kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (965kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk(1) mendeskripsikan penilaian autentik kurikulum 2013Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus; (2) mendeskripsikan pembelajaran berbasis tauhid pada kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus; (3) mendeskripsikan desain penilaian autentik berbasis tauhid pada pembelajaran kurikulum 2013Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus; (4) mendeskripsikan keefektivan penilaian autentik berbasis tauhid pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus. Penelitianini berjenisresearchand development (R&D)merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan sampai tujuh langkah saja, di antaranya: 1) potensidan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan, penilaian autentik pada kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus terdiri dari pembuatan perencanaan pembelajaran yang terdiri dari Silabus dan RPP, melakukan penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Pembelajaran berbasis tauhid pada kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis tauhid.Pembelajaran tersebut meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Desain penilaian autentik berbasis tauhid pada pembelajaran kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus terdiri dari perencanaan berbasis tauhid, pembelajaran berbasis tauhid, dan penilaian autentik berbasis tauhid. Perencanaan terdiri dari Silabus dan RPP berbasis tauhid.Keefektivan penilaian autentik berbasis tauhid pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas IV Sekolah Dasar di kabupaten Kudus menunjukkan nilai uji t pada SD Muhammadiyah 1 diperoleh t hitung =5,02 sedangkan t tabel = 1,70, uji t dapat disimpulkan t hitung>t tabel maka Ho diterima dan pengembangan penilaian autentik berbasis tauhid efektif diterapkan. Berdasarkan nilai uji t pada SDIT Umar Bin Khathab diperoleh t hitung =8,28sedangkan t tabel = 1,69, uji t dapat disimpulkan t hitung>t tabel maka Ho diterima. Oleh karena itu, produk layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd NIDN : 0607036901 Pembimbing 2 : Dr. Santoso, M.Pd NIDN : 0629086201 |
Kata Kunci: | Penilaian Autentik, Tauhid, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 Aug 2019 03:48 |
Last Modified: | 31 Aug 2019 03:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11377 |
Actions (login required)
View Item |