Pengembangan manajemen pembelajaran “writing” berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa inggris di smp kabupaten jepara

SUBHI, AHMAD (2019) Pengembangan manajemen pembelajaran “writing” berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa inggris di smp kabupaten jepara. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (885kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menciptakan dan mengembangkan manajemen pembelajaran “writing” berbais kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Inggris sebagai buku panduan yang membantu guru untuk mempermudah proses pembelajaran khussnya “writing” dan menumbuhkan rasa minat menulis jenis teks bahasa Inggris bagi siswa. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di sekolah menengah pertama. Permasalahan tersebut yakni guru banyak menggunakan diskusi dalam pembelajaran “writing”. Guru belum bisa mengembangkan manajemen pembelajaran dalam membantu siswa. Manajemen pembelajaran yang digunakan guru belum terarah secara konkrit dan membuat siswa belum ada minat untuk menulis. Permasalahan ini membuat peneliti mengembangkan manajemen pembelajaran “writing” berbais kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan strategi “writing in here and now”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model Borg dan Gall dengan tujuh langkah saja, di antaranya: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Data dalam penelitian ini adalah data tentang manajemen pembelajaran “writing” berbais kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Inggris, prototipe manajemen pembelajaran “writing” berbais kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Inggris dan keefektifan manajemen pembelajaran “writing” berbais kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Inggris di peroleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.. Sumber data yakni siswa dan guru kelas IX di SMP Al-Ma’arif , SMPN 3 Jepara, dan SMP Al-Ma’arif. Hasil prototipe buku panduan melalui komponen cover buku dengan desain yang simpel, judul buku menarik, dan warna cover menarik. Komponen halaman buku panduan berisi teori dan langkah-langkah dalam manajemen pembelajaran, halaman simpel, dan macam-macam kearifan lokal jepara. Komponen isi terdapat pada bagian empat yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, tulisan sesuai ukuran buku dan adanya strategi pembelajaran aktif yaitu strategi “writing in here and now”. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa buku panduan manajemen pembelajaran “writing” berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa inggris efektif dan di peroleh hasil dari SMP Al-Ma”arif sebesar 11,43> 1,71, SMPN 3 Jepara sebesar 13,16 > 1,69, dan SMP Ma’arif sebesar 8,77 > 1,695. Hasil t hitung > t tabel maka H1 diterima dan terdapat keefektifan manajemen pembelajaran “writing” berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa inggris yang diterapkan di kelas IX Sekolah Menengah Pertama

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd NIDN : 0600307610 Pembimbing 2 : Dr. Slamet Utomo, M.Pd NIDN : 0019126201
Kata Kunci: Manajemen pembelajaran , “Writing”, Bahasa Inggris, dan kearifan lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Aug 2019 03:53
Last Modified: 31 Aug 2019 03:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11378

Actions (login required)

View Item View Item