SUBHI, AHMAD (2019) Pengembangan manajemen pembelajaran “writing” berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa inggris di smp kabupaten jepara. Master thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (885kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (308kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (306kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menciptakan dan mengembangkan manajemen pembelajaran “writing” berbais kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Inggris sebagai buku panduan yang membantu guru untuk mempermudah proses pembelajaran khussnya “writing” dan menumbuhkan rasa minat menulis jenis teks bahasa Inggris bagi siswa. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di sekolah menengah pertama. Permasalahan tersebut yakni guru banyak menggunakan diskusi dalam pembelajaran “writing”. Guru belum bisa mengembangkan manajemen pembelajaran dalam membantu siswa. Manajemen pembelajaran yang digunakan guru belum terarah secara konkrit dan membuat siswa belum ada minat untuk menulis. Permasalahan ini membuat peneliti mengembangkan manajemen pembelajaran “writing” berbais kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan strategi “writing in here and now”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model Borg dan Gall dengan tujuh langkah saja, di antaranya: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Data dalam penelitian ini adalah data tentang manajemen pembelajaran “writing” berbais kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Inggris, prototipe manajemen pembelajaran “writing” berbais kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Inggris dan keefektifan manajemen pembelajaran “writing” berbais kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Inggris di peroleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.. Sumber data yakni siswa dan guru kelas IX di SMP Al-Ma’arif , SMPN 3 Jepara, dan SMP Al-Ma’arif. Hasil prototipe buku panduan melalui komponen cover buku dengan desain yang simpel, judul buku menarik, dan warna cover menarik. Komponen halaman buku panduan berisi teori dan langkah-langkah dalam manajemen pembelajaran, halaman simpel, dan macam-macam kearifan lokal jepara. Komponen isi terdapat pada bagian empat yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, tulisan sesuai ukuran buku dan adanya strategi pembelajaran aktif yaitu strategi “writing in here and now”. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa buku panduan manajemen pembelajaran “writing” berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa inggris efektif dan di peroleh hasil dari SMP Al-Ma”arif sebesar 11,43> 1,71, SMPN 3 Jepara sebesar 13,16 > 1,69, dan SMP Ma’arif sebesar 8,77 > 1,695. Hasil t hitung > t tabel maka H1 diterima dan terdapat keefektifan manajemen pembelajaran “writing” berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa inggris yang diterapkan di kelas IX Sekolah Menengah Pertama
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd NIDN : 0600307610 Pembimbing 2 : Dr. Slamet Utomo, M.Pd NIDN : 0019126201 |
Kata Kunci: | Manajemen pembelajaran , “Writing”, Bahasa Inggris, dan kearifan lokal |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 Aug 2019 03:53 |
Last Modified: | 31 Aug 2019 03:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11378 |
Actions (login required)
View Item |