Pengaruh model pembelajaran jigsaw dan stad terhadap hasil belajar ppkn kelas iv

NUGROHO, KARTIKO SETYO (2019) Pengaruh model pembelajaran jigsaw dan stad terhadap hasil belajar ppkn kelas iv. Tesis Magister thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (789kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (468kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (710kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (919kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (776kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (528kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (433kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (522kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran PPKn, 2) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran PPKn, dan 3) Untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar PPKn. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental Design, menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design dengan dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran Jigsaw dan model STAD pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Prosedur penelitian ini meliputi tahap persiapan penelitian, pelaksanaan penelitan, tahap akhir penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 5 Jepang, kelas IV SDN 1 Jepang dan kelas IV SDN 2 Payaman. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis 1 uji keefektifan model Jigsaw diperoleh hasil uji keefektifan dengan uji t test, dengan nilai t hitung 10,27 > t tabel 1,697. Sehingga Ha diterima, terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model Jigsaw. Hipotesis 2 uji keefektifan model STAD diperoleh hasil uji keefektifan dengan uji t test, dengan nilai t 12,68 > t tabel 1,746. Sehingga Ha diterima, terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model STAD. Hipotesis 3 uji perbedaan keefektifan model Jigsaw dan hasil uji keefektifan model STAD . dengan perbedaan jika hasil F hitung > F tabel menggunakan perhitungan univariate analysis of variance berbantuan SPSS 23 diperoleh hasil F hitung 3,584 > F tabel 3,15 yang berarti terdapat perbedaan antara model pembelajaran Jigsaw, model pembelajaran STAD dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar PPKn. Diperoleh hasil dari semua pasangan kelas eksperimen dan kontrol terlihat bahwa nilai sig > 0,05, kelas eksperimen model Jigsaw, STAD dan konvensional ada perbedaan tidak signifikan.

Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Slamet Utomo, M.Pd NIDN : 0019126201 Pembimbig 2 : Dr. Su’ad, M.Pd NIDN : 0601085902
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Jigsaw, STAD, PPKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 31 Aug 2019 03:58
Last Modified: 31 Aug 2019 03:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11379

Actions (login required)

View Item View Item