Pengaruh model pembelajaran mind mapping dan think pair share berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas v sekolah dasar

DEVITASARI, ALIFFIA ROSI (2019) Pengaruh model pembelajaran mind mapping dan think pair share berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas v sekolah dasar. Tesis Magister thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (435kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (338kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (480kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (666kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (410kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (195kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (434kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang (1) menemukanpengaruh Model Mind Mapping berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V sekolah dasar; (2) menemukan pengaruh Model Think Pare Shareberbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelasV sekolah dasar; (3)menganalisis perbedaan antara Model Mind Mapping dengan Model Think Pare Shareberbasis kearifan local terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis Eksperimen. Metode yang digunakan eksperimen ini adalahTrue Experimental Design dengan rancangan kelompokPosttest-Only Control Group Design. Sampel yang diambil peneliti adalah tiga kelas yaitu kelas kontrol, kelas ekperimen 01, dan kelas eksperimen 02 dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik angket dan dokumentasi. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Hasil analisis data menyatakan nilai sig.2tailed 0,027 < 0,05, maka Ha diterima; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pengaruh Model Think Pare Share Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Hasil analisis data menyatakan nilai sig.2tailed 0,558 artinya > 0,05 maka pada hipotesis yang ketiga ini h0 diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan diantara kedua model pembelajaran tersebut. Terlihat juga dari nilai rata-rata kelas model mind mapping 72,00 dan rata-rata kelas model think pare share 74,00. Melihat nilai rata-rata yang tinggi adalah model think pare share jadi model tersebut lebih berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi

Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Slamet Utomo, M.Pd NIDN : 0019126201 Pembimbing 2 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Think Pare Share, dan Karangan Narasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 31 Aug 2019 04:05
Last Modified: 31 Aug 2019 04:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11380

Actions (login required)

View Item View Item