Peningkatan pemahaman konsep melalui model contextual teaching and learning berbantuan media kotak lingkungan hewan pada tema 6 kelas iv sd 1 bakalan krapyak

ROHMAH, SRI AINUR (2019) Peningkatan pemahaman konsep melalui model contextual teaching and learning berbantuan media kotak lingkungan hewan pada tema 6 kelas iv sd 1 bakalan krapyak. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (837kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (349kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (906kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (572kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (327kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (424kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (33MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model CTL berbantuan media kotak lingkungan hewan dalam meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran materi puisi dan siklus hewan pada peserta didik kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak Kudus, (2) mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model CTL berbantuan media kotak lingkungan hewan dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA materi sumber daya alam pada peserta didik kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus, (3) mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas afektif dan psikomotorik peserta didik kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus dengan penerapan model CTL berbantuan media kotak lingkungan hewan. Model contextual teaching and learning adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa menghubungkan isi mata pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari. Kotak lingkungan hewan adalah media pembelajaran yang menggunakan bahan malam dan sterofoam yang hasilnya berupa tiga dimensi. Pemahaman Konsep merupakan proses dimana peserta didik menerima, menyerap, dan memahami konsep dalam pembelajaran secara keseluruhan dan benar. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak dengan subjek penelitian 21 peserta didik. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya yang terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model contextual teaching andlearning berbantuan media kotak lingkungan hewan. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data pemahaman konsep, pengamatan aktivitas (afektif dan psikomotorik), dan keterampilan mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I sebesar 67 dan siklus II menjadi 87. Pemahaman konsep peserta didik meningkat dari 72,58 pada siklus I menjadi 85,95 pada siklus II. Aktivitas afektif peserta didik pada siklus I sebesar 71,27 meningkat menjadi 88,01 pada siklus II, dan Aktivitas Psikomotorik peserta didik pada siklus I sebesar 74,89 meningkat menjadi 86,83 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak dapat disimpulkan bahwa melalui pengunaan modelcontextual teaching and learningberbantuan media kotak lingkungan hewan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia serta keterampilan guru pada tema 6 di kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga dapat merangsang peserta didik agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Sekar Dwi Ardianti S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Kotak Lingkungan Hewan, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 01:24
Last Modified: 02 Sep 2019 01:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11381

Actions (login required)

View Item View Item