Peningkatan hasil belajar ips materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi melalui model pembelajaran jigsaw

DEWANTY, GALUH ANNARIS (2017) Peningkatan hasil belajar ips materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi melalui model pembelajaran jigsaw. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (746kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (215kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (357kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (667kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (715kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (133kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw pada kelas IV SD Pelemkerep 02 Mayong Jepara. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami proses belajar yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model pembelajaran Jigsaw merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam model pembelajaran Jigsaw mengoptimalkan kemampuan beripikir siswa dalam kegiatan pembelajaran kelompok, serta mampu membangun percaya diri yang tinggi kepada siswa, sebab model pembelajaran ini mengaitkan materi yang diajarkan dengan suatu masalah dalam lingkungan sekitar. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komukikasi, dan transportasi dengan ditetapkannya model pembelajaran Jigsaw pada kelas IV SD Pelemkerep 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Pelemkerep 02 Mayong Jepara dengan subjek penelitian 29 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2016 sampai Januari 2017. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Jigsaw, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS materi perkembangan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar dibagi menjadi tiga ranah yaitu ranah afektif, psikomotorik, dan ranah kognitif. Peningkatan tersebut dibuktikan dalamguru mengelola pembelajaran pada silus I ke silus II dari persentase 76,13% menjadi 85,22% dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Hasil belajar ranah afektif siswa meningkat dengan presentase rata-rata siklus I 56,5% (Cukup) dan meningkat pada siklus II 75,44% (Baik). Hasil belajar psikomotorik siswa meningkat dengan rata-rata presentase siklus I 61,04% (Cukup) dan meningkat pada siklus II 77,67% (Baik). Hasil belajar siswa materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi juga meningkat dengan presentase ketuntasan prasiklus 62,06% (Rendah). Pada siklus I 68,96% (Rendah) dan pada siklus II menjadi 89,65% (Tinggi). Hal itu membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Pelemkerep 02 Jepara. Simpulan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar ranah afektif, psikomotorik, dan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di kelas IV SD Pelemkerep 02 Jepara. Disarankan kepada guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan cara berpikir dan kreativitas siswa sesuai dengan kemampuan siswa tersebut.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing 2 : Erik Aditya Ismaya, S.Pd, M.A
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Jigsaw, Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 01:32
Last Modified: 02 Sep 2019 01:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11386

Actions (login required)

View Item View Item