Penerapan model problem based learningberbantuan media roda keberuntungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv pada tema 7 di sd 4 getassrabi kudus

NISA, AFRILA CHOIRUN (2019) Penerapan model problem based learningberbantuan media roda keberuntungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv pada tema 7 di sd 4 getassrabi kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (3MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (3MB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan media roda keberuntungan dalam meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran tema 7 kelas IV SD 4 Getassrabi tahun ajaran 2018/2019, (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan media roda keberuntungan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 4 Getassrabi tahun ajaran 2018/2019, (3) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan media roda keberuntungan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada tema 7 siswa kelas IV SD 4 Getassrabi tahun ajaran 2018/2019. Berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir tentang suatu ide atau gagasan yang berhubungan dengan konsep atau masalah yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran. Pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 7 dapat ditingkatkan menggunakan model Problem Based Learning. Model Problem Based Learningmerupakanmodel pembelajaran dimana siwa dihadapkan suatu masalah dan siswa terlibat secara aktif untuk memecahkan masalah tersebut.Media roda keberuntunganmerupakan media pembelajaran yang berbentuk roda atau lingkaran yang dapat diputar dibagi menjadi beberapa sektor. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada tema 7 di SD 4 Getassrabi tahun ajaran 2018/2019 melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media roda keberuntungan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Getassrabi dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Problem Based Learning dan media roda keberuntungan, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru pada pembelajaran tema 7. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,43 kualifikasi rendah, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata85,93 kualifikasi tinggi (2) aktivitas belajar siswa aspek sikap pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 63,86kualifikasi rendah, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 82,22kualifikasicukup. Aktivitas belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I memperoleh nilairata-rata 67,70 kualifikasi rendah, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79,94kualifikasi cukup. (3) kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,81 kualifikasi rendah dengan ketuntasan klasikal sebesar 62,5%, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 89,65 kualifikasi baik dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning berbantuan media roda keberuntungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 7 di kelas IV SD 4 Getassrabi tahun ajaran 2018/2019. Sehingga guru dapat menggunakan model Problem BasedLearning berbantuan media roda keberuntungan pada saat mengajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd PEmbimbing 2 : Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, MediaRoda Keberuntungan, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 01:37
Last Modified: 02 Sep 2019 01:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11388

Actions (login required)

View Item View Item