Peningkatan berpikir kritis menggunakan model inkuiri berbantuan media papan putar pintar kelas iv sd 3 wergu wetan kudus

ITSNA, NILA ELIYA NUR (2019) Peningkatan berpikir kritis menggunakan model inkuiri berbantuan media papan putar pintar kelas iv sd 3 wergu wetan kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (4MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (3MB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini yang bertujuan mendiskripsikan peningkatan berpikir kritis dengan menggunakan model Inkuiri berbantuan media Papan Putar Pintar untuk meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru kelas IV SD 3 Wergu Wetan. Model pembelajaran Inkuiri adalah model pembelajaran yang menekankan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran melaui bertanya mengenai suatu permasalahan yang lebih kritis dan menentukan jawaban. Media Papan Putar Pintar adalah media jenis media visual papan putar dimana siswa memutarkan papan putar tersebut dengan materi gaya dan menempelkan gambar yang sesuai materi dan dapat memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru untuk meningkatkna berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis merupakan keingintahuan secara mendalam dilakukan melalui proses cara berpikir mendalam menggunakan keterampilan dan strategi mengambil suatu keputusan yang logis melalui kegiatan memahami masalah, mengumpulkan data, menganalisis, dan mengevaluasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan berpikir kritis dengan menggunakan model Inkuiri berbantuan media Papan Putar Pintar kelas IV. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 3 Wergu Wetan Kudus dengan subyek penelitian 34 siswa. Penelitian ini berlangsung dengn 2 siklus yang menggunakan desain PTK. Tahapan pada penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran inkuiri dan media Papan Putar Pintar. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan berpikir kritis siswa. Siklus I rata-rata nilai sebesar 74,91% dengan kualifikasi sedang. Pada siklus II rata – rata nilai berpikir kritis sebesar 81% dengan kualifiaksi tinggi. Keterampilan mengajar guru pada siklus I meningkat dari siklus I sebesar 75% dengan kualifikasi baik menjadi 95% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Aktivitas beajar siswa pada siklus I 52% dengan kualifikasi baik menjadi 75% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas uang dilaksanakan pada kelas IV SD 3 Wergu Wetan dapat disimpulkan bahwa peningkatan berpikir kritis menggunakan model Inkuiri berbantuan media Papan Putar Pintar dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema Indahnya keragaman di negeriku.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd Pembimbing 2 : Khamdun, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Inkuiri, Media Papan Putar Pintar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 01:43
Last Modified: 02 Sep 2019 01:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11389

Actions (login required)

View Item View Item