ITSNA, NILA ELIYA NUR (2019) Peningkatan berpikir kritis menggunakan model inkuiri berbantuan media papan putar pintar kelas iv sd 3 wergu wetan kudus. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini yang bertujuan mendiskripsikan peningkatan berpikir kritis dengan menggunakan model Inkuiri berbantuan media Papan Putar Pintar untuk meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru kelas IV SD 3 Wergu Wetan. Model pembelajaran Inkuiri adalah model pembelajaran yang menekankan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran melaui bertanya mengenai suatu permasalahan yang lebih kritis dan menentukan jawaban. Media Papan Putar Pintar adalah media jenis media visual papan putar dimana siswa memutarkan papan putar tersebut dengan materi gaya dan menempelkan gambar yang sesuai materi dan dapat memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru untuk meningkatkna berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis merupakan keingintahuan secara mendalam dilakukan melalui proses cara berpikir mendalam menggunakan keterampilan dan strategi mengambil suatu keputusan yang logis melalui kegiatan memahami masalah, mengumpulkan data, menganalisis, dan mengevaluasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan berpikir kritis dengan menggunakan model Inkuiri berbantuan media Papan Putar Pintar kelas IV. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 3 Wergu Wetan Kudus dengan subyek penelitian 34 siswa. Penelitian ini berlangsung dengn 2 siklus yang menggunakan desain PTK. Tahapan pada penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran inkuiri dan media Papan Putar Pintar. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan berpikir kritis siswa. Siklus I rata-rata nilai sebesar 74,91% dengan kualifikasi sedang. Pada siklus II rata – rata nilai berpikir kritis sebesar 81% dengan kualifiaksi tinggi. Keterampilan mengajar guru pada siklus I meningkat dari siklus I sebesar 75% dengan kualifikasi baik menjadi 95% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Aktivitas beajar siswa pada siklus I 52% dengan kualifikasi baik menjadi 75% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas uang dilaksanakan pada kelas IV SD 3 Wergu Wetan dapat disimpulkan bahwa peningkatan berpikir kritis menggunakan model Inkuiri berbantuan media Papan Putar Pintar dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema Indahnya keragaman di negeriku.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd Pembimbing 2 : Khamdun, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Berpikir Kritis, Inkuiri, Media Papan Putar Pintar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 01:43 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 01:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11389 |
Actions (login required)
View Item |