Penerapan model think pairs shareuntuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media ular tangga tema 9 kelas v sdn 4 ngasem

KASWIDOSIWI, PUTRI DESIAJI (2019) Penerapan model think pairs shareuntuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media ular tangga tema 9 kelas v sdn 4 ngasem. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (3MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (3MB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Think Pairs Share berbantuan media Ular Tangga. Penelitian ini dilakukan dikelas V SDN 4 Ngasem dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan siswa untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagi hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Hasil belajar pada penelitian ini difokuskan pada aspek pengetahuan dan keterampilan sebagai hasil dari kegiatan belajar. Think Pairs Share adalah salah satu model pembelajaran kooperatif dan disini siswa diajarkan untuk saling bekerjasama. Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada kelas V SDN 4 Ngasem Batealit Jepara yang menggunakan model think pair share berbantuan media ular tangga telah mencapai KKM. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dalam dua siklus. Tahapan ini ada 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 4 Ngasem Batealit Kabupaten Jepara dengan jumlah 25 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas yaitu model Think Pair Share, sedangkan yang menjadi variabel terikat yaitu hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Ngasem Batealit Kabupaten Jepara. Teknik pengumpumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar Bahsa Indonesia dan IPS pada ranah pengetahuan dan ranah ketrampilan. Pada ranah pengetahuan muattan Bahasa Indonesia di peroleh hasil pada siklus I sebesar 68% menjadi 76% pada siklus II sedangkan muatan IPS diperoleh hasil sebesar 60% dan mengalami peningkatan menjadi 80%. Pada ranah keterampilan pada muatan Bahasa Indonesia di peroleh hasil pada siklusI sebesar 92% menjadi 100% pada siklus II sedangkan pada muatan IPS diperoleh hasil pada siklus I sebesar 88% menjadi 100% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola kelas menglami peningkatan pada siklus I sebesar 92% menjadi 96% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan mnodel Think Pair Share dengan media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dan IPS ranah pengetahuan dan keterampilan sisiwa kelas V SDN 4 Ngasem dan keterampilan mengajar guru.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 : Irfai Fathurohman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Think Pair Share, Media Ular tangga
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 01:48
Last Modified: 02 Sep 2019 01:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11390

Actions (login required)

View Item View Item