Peningkatan keterampilan menulis laporan dalam bentuk teks nonfiksi dengan menggunakan model ikuiri terbimbing berbantuan media kotak gaya

RAMANDHANI, CLARISA (2019) Peningkatan keterampilan menulis laporan dalam bentuk teks nonfiksi dengan menggunakan model ikuiri terbimbing berbantuan media kotak gaya. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (738kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (365kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (465kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (652kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (350kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (329kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (323kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikanpenerapan model pembelajaran ikuiri terbimbing berbantuan media kotak gaya untuk meningkatan keterampilan menulis laporan dalam bentuk teks nonfiksi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks nonfiksi dan IPA materigaya bagi siswa kelas IV SD 1 Gulang Mejobo Kudus. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara tertulis. Inkuiri terbimbing adalah model yang melatih siswa melakukanpengamatan untuk mengembangkan pemahaman terhadap fenomena. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah inkuiri terbimbimbing dapat meningkatkan keterampilan guru, sikap siswa, dan keterampilan menulis laporan dalam bentuk teks nonfiksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Gulang Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 34 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model inkuiri terbimbing. Variabel terikat adalah keterampilan menulis laporan dalam bentuk teks nonfiksi. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan guru, sikap siswa, dan keterampilan menulis laporan dalam bentuk teks nonfiksi menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media kotak gaya dengan perolehan (1) keterampilan guru siklus I 83,33% (baik) siklus II menjadi 93,05% (sangat baik) (2) sikap siswa siklus I 72,42% (perlu bimbingan) siklus II menjadi 83,08% (cukup) (3) keterampilan menulis laporan dalam bentuk teks nonfiksi Bahasa Indonesia siklus I 55,88% (perlu bimbingan) siklus II menjadi 88,23% (baik), keterampilan menulis laporan dalam bentuk teks nonfiksi IPA siklus I 61,76% (perlu bimbingan) siklus II menjadi 85,29% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Gulang Mejobo Kudus dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berbantuan media kotak gaya dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan dalam bentuk teks nonfiksi. Saran dalam penelitian ini, guru sebaiknya memilih model yang merangsang siswa untuk menemukan pengetahuannya, bagi siswa sebaiknya tertib dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing 2 : Khamdun, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Laporan, Inkuiri Terbimbing, Kotak Gaya.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 02:09
Last Modified: 02 Sep 2019 02:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11399

Actions (login required)

View Item View Item