Peningkatan hasil belajar siswa melalui model numbered head together (nht) berbantuan media pop up card (pocard) pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas iv sdn sinomwidodo 01

NISA, ROUDLIYAH ULIN (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model numbered head together (nht) berbantuan media pop up card (pocard) pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas iv sdn sinomwidodo 01. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru serta hasil belajar IPS dan PPKn siswa melalui model Numbered Head Together berbantuan media Pop Up Card pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Sinomwidodo 01 tahun ajaran 2018/2019. Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengalami proses pembelajaran baik itu kemampuan kognitif, afektif maupun psikomotorik. Model Numbered Head Together merupakan model pembelajaran diskusi yang mempunyai ciri khas numbering dan pemberian masalah.Pop Up Card merupakan media visual jenis gambar yang terdapat dalam sebuah kartu, apabila kartu dibuka akan muncul gambar yang seolah bergerak dan memberikan efek tiga dimensi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru serta hasil belajar IPS dan PPKn siswa kelas IV SDN Sinomwidodo 01 tahun ajaran 2018/2019 setelah diterapkannya model Numbered Head Together berbantuan media Pop Up Card. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK model Kemmis dan Mc. Tagart yang dilaksanakan dengan empat tahap setiap siklusnyameliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan objek penelitian 24 siswa.Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakanyaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku.Peningkatan keterampilan guru dalam mengajar sebesar 74% (Baik) pada siklus I dan 81% (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan cukup signifikan, muatan IPS meningkat sebesar 66,67% (Cukup) pada siklus I dan sebesar 87,50% (Sangat Baik) pada siklus II. Muatan PPKn siklus I sebesar 62,50% (Cukup) dan siklus II sebesar 83,33% (Sangat Baik). Ranah Afektif siklus I sebesar 70,59% (Baik) dan siklus II sebesar 78,80% (Sangat Baik). Ranah Psikomotorik memperoleh ketuntasan sebesar 72,46% (Baik) pada siklus I dan sebesar 79,57% (Sangat Baik) pada siklus II. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together berbantuan media Pop Up Card terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sinomwidodo 01.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Santoso, M.Pd Pembimbing 2 : Ika Ari Pratiwi, M.Pd
Kata Kunci: Hasil belajar, Numbered Head Together, Pop Up Card.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:14
Last Modified: 02 Sep 2019 02:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11402

Actions (login required)

View Item View Item