PRAYEKTI, HENI (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui model open ended berbantuan media papan putar di kelas iv sd 3 megawon. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Hal,Judul.pdf - Accepted Version Download (592kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (254kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (282kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstrak
Di Indonesia kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tergolong masih sangat rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Open Ended berbantuan media papan putar dan menemukan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis, aktivitas siswa dan keterampilan mengajar guru pada materi luas dan keliling persegi, persegi panjang dan segitiga kelas IV SD 3 Megawon. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 3 Megawon Kudus dengan subjek penelitian 14 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model Open Ended, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kreatif matematis, aktivitas siswa dan keterampilan mengajar guru. Instrumen penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis berbantuan media papan putar pada setiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 71,2% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 76,4% (baik). Persentase aktivitas siswa siklus I rata-rata klasikal yakni 76,72% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 84,7% (baik). Hasil belajar kemampuan berpikir kreatif matematis siklus I rata-rata 69 (kurang), kemudian meningkat pada siklus II rata-rata 83,9 (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Megawon Kudus dapat disimpulkan bahwa model Open Ended berbantuan media papan putar pada materi luas dan keliling persegi, persegi panjang dang segitiga dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Peneliti menyarankan agar para guru menginovasikan model pembelajaran supaya siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Open Ended, Media Papan Putar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 02:24 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 02:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11406 |
Actions (login required)
View Item |