Penerapan model stad berbantuan media boneka budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv tema 7 indahnya keragaman di negeriku di sd 3 peganjaran

NAFISAH, JAUHAROTUN (2019) Penerapan model stad berbantuan media boneka budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv tema 7 indahnya keragaman di negeriku di sd 3 peganjaran. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (249kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (291kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (520kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (72kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STADdan mendeskripsikan penerapan media pembelajaran boneka budaya untuk peningkatan hasil belajar siswa muatan Bahasa Indonesia dan PPKn kelas IV pada tema 7 di SD 3 Peganjaran. Hasil belajar siswa merupakan hasil yang akan dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan dalam pembelajaran. Model pembelajaran STAD adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang hasil akhirnya akan diberikan sebuah penghargaan atau reward.. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran STAD berbantuan media boneka flanel dapat meningkatkan hasil belajar siswa bagi siswa kelas IV SD 3 Peganjaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Peganjaran dengan subjek penelitian 20 siswa.Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran STAD dan media boneka budaya.Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata 74,25 dan siklus II memperoleh rata-rata 83,75. Hasil aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I mencapai skor 27 denganpersentase rata-rata 76,45%dalam kriteria cukup dan meningkat pada siklus II mencapai skor 29,52 dengan persentase rata-rata 82,45%. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan skor yaitu 58 dengan persentase 80,50% dalam kategori sangat baik pada siklus I dan skor 65 dengan persentase 90,27% dalam kategori sangat baik pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model STAD berbantuan media boneka budaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV tema 7 di SD 3 Peganjaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Peganjaran dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD berbantuan media boneka budaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model STAD berbantuan media boneka budaya guru lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkan semangat antusias, dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Ristiyani, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: STAD, Hasil Belajar, BonekaBudaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 02:40
Last Modified: 02 Sep 2019 02:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11415

Actions (login required)

View Item View Item