PRAMUDYA, FERGY NATASYA (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran mind mappingberbantuan media pembelajaran miniaturtema 7 indahnya keragaman dinegeriku kelas iv sd i temulus. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL PDF.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I PDF.pdf - Accepted Version Download (321kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (650kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Accepted Version Download (140kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, hasil belajar PPKn dan Bahasa Indonesia siswa mencakup aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan serta aktivitas belajar siswa melalui diterapkanya model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media miniatur pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD 1 Temulus tahun ajaran 2018/2019. Hasil belajar merupakan suatu perubahan sikap dalam kegiatan pembeajaran dengan tiga aspek yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan. Model pembelajaran Mind Mapping merupakan model dengan teknik mencatat informasi yang diterima peserta didik agar lebih mudah diingat dengan bantuan catatan. Miniatur merupakan media yang menjelaskan kepada siswa mengenai rincian dari sebuah objek yang menjadi topik pembahasan secara tiga dimensi. Penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, Tindakan, observasi dan relfeksi. Subjek penilitian ini adalah guru dan 16 siswa kelas IV SDN 1 Temulus. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar soal, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yaitu keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 74,38% (baik), siklus II 85,63% (sangat baik), hasil belajar PPKn dan Bahasa Indonesia pada aspek pengetahuan pra siklus (43,75%), siklus I (62,50%), siklus II (87,50%) serta hasil belajar aspek sikap siklus I 63,13% (baik), siklus II 85,08% (sangat baik), hasil belajar aspek keterampilan siklus I 57,89% (baik) menjadi 84,50% (sangat baik) pada siklus II dan aktivitas belajar siswa siklus I 64,55% (baik), menjadi 85,62% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan kelas IV SDN 1 Temulus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas IV SDN 1 Temulus. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model mind mapping, siswa hendaknya lebih berpartisipasi aktif dan memuasatkan perhatian selama kegiatan pembelajarn.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing 2 : Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Mind Mapping, Miniatur |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 02:45 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 02:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11417 |
Actions (login required)
View Item |