Efektivitas penerapan model numbered head togetherterhadap kemampuan berpikir kritis denganberbantuan media papan putar siswakelas iv sdn se-gugus kenangakecamatan gebog kudus padatema daerah tempat tinggalku

SUGMA, TRIYANA WAHYU (2019) Efektivitas penerapan model numbered head togetherterhadap kemampuan berpikir kritis denganberbantuan media papan putar siswakelas iv sdn se-gugus kenangakecamatan gebog kudus padatema daerah tempat tinggalku. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menerima modelNumbered Heads Together(NHT) berbantuan media papan putar dengan siswa yang menerima pembelajaran langsung, (2) menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa yang menerima model NHT berbantuan media papan putar dapat memenuhi KKM, dan (3) menganalisis aktivitas siswayang menerima model NHT berbantuan media papan putar dapat memenuhi KKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model NHT berbantuan media papan putar, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 1 Menawan yang berjumlah 25 siswa dan SD 3 Menawan dengan dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, sedangkan analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan uji t dan uji N-gain, analisis deskriptif kemampuan berpikir kritis, dan analisis aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh model NHT berbantuan media papan putar lebih tinggi daripada rata-rata siswa yang menerima pembelajaran langsung. Rata-rata nilaipost-test kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 74,76, sedangkan rata-rata nilai post-test kelas kontrol adalah 70,28. Berdasarkan uji peningkatan dengan uji N-gain, kelas eksperimen memperoleh nilai 0,46 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 0,28 dengan kategori rendah, (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang menerima model NHT berbantuan media papan putar dapat memenuhi KKMyaitu 75 dengan kesimpulan H0 terima karena thitung≥ ttabelyaitu -0,31 ≥ -2,04, (3) aktivitas siswa yang menerima model NHT berbantuan media papan putar dapat memenuhi KKM yaitu 75 pada pertemuan 2 dan 3, sehingga model NHT berbantuan media papan putar efektif terhadap kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Numbered Heads Together, dan Media Papan Putar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:50
Last Modified: 02 Sep 2019 02:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11420

Actions (login required)

View Item View Item