NUGRAHARTANTI, TIARA (2019) Peningkatan kreativitas siswa menggunakan model creative problem solving berbantuan media puzzle siklus hidup hewan (psh2) kelas iv sd n 7 bulung kulon. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (209kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (109kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (22MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa dan keterampilan guru menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan media Puzzle Siklus Hidup Hewan (PSH2) Kelas IV SD N 7 Bulung Kulon. Kreativitas mesupakan kemampuan istimewa yang dimiliki pada diri seseorang untuk melahirkan sesuatu yang sifatnya baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Creative Problem Solving rangkaian suatu model yang kegiatan pembelajarannya melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yang terdapat peningkatan kreativitas siswa dan peningkatan keteramplan mengajar guru dengan menerapkan model Creative Problem Solving dan menggunakan media PSH2 tema 6 cita-citaku pada siswa kelas IV SD N 7 Bulung Kulon. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 7 Bulung Kulon dengan subjek penelitian 26 ssiwa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variable bebas yaitu penerapan model pembelajaran berbantuan media PSH2. Sedangkan variable terikat yaitu keterampilan guru dan kreativitas siswa kelas IV SD N 7 Bulung Kulon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hail penelitian menunjukkan pembelajaran tema 6 cita-citaku melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan media (PSH2) meningkat setiap siklusnya. Persentase kreativitas siswa aspek pengetahuan 65% (Kurang), kemudian meningkat pada siklus II 84,61 (baik). Persentase kreativitas siswa aspek sikap siklus I 66,74% (baik), kemudian meningkat pada siklus II 80,60% (baik). Persentase kreativitas siswa aspek keterampilan siklus I 64,66% (baik), kemudian meningkat pada siklus II 80,64% (baik). Keterampilan guru siklus I 65,62% (baik), kemudian meningkat pada siklus II 81,25% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N 7 Bulung Kulon dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan media Puzzle Siklus Hidup Hewan (PSH2), terbukti dapat meningkatkan kreativitas siswa pembelajaran tema 6 cita-citaku.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Siti Masfuah, M.Pd |
Kata Kunci: | Creative Problem Solving, Kreativitaas, Puzzle |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 02:54 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 02:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11422 |
Actions (login required)
View Item |