Peningkatan hasil belajar siswa dalam subtema 1melalui model number head togetherberbantuanmedia papan pintar padasiswa kelas ivsd 2 kaliwungu kudus

AGUSTINA, AYU (2019) Peningkatan hasil belajar siswa dalam subtema 1melalui model number head togetherberbantuanmedia papan pintar padasiswa kelas ivsd 2 kaliwungu kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (761kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (222kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (285kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (388kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (221kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (129kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (255kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembeljaran pada Tema 7 Keragaman Suku Bangsa di Negeriku dalam subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku muatan Bahasa Indonesia dan IPA materi teks nonfiksi dan macam-macam gaya kelas IV SD 2 Kaliwungu Kudus. Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan perubahan pada diri seseorang yang ditunjukkan dalam berbagai bentuk pemahaman, pengetahuan dan tingkah laku. Number head together merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif. Model number head together mengacu pada belajar kelompok siswa, masing-masing anggota memiliki bagian (pertanyaan) dengan nomor yang berbeda-beda. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah peningkatan hasil belajar siswa dalam subtema 1 melalui model number head together kelas IV SD 2 Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan dikelas IV SD 2 Kaliwungu Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah number head together. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa siklus I rata-rata nilai 54,95% pada siklus II rata-rata nilai meningkat dengan memperoleh hasil 75,20%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I 71% meningkat pada siklus II 97%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas IV SD 2 Kaliwungu dapat disimpulkan meningkat dengan menggunakan model number head together berbantuan media papan pintar pada Tema 7 Indahnya Keberagaman.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Moh Kanzunnudin, M.Pd Pembimbing 2 : Mila Roysa, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, number head together, keragaman suku bangsa di negeriku, teks nonfiksi dan macam gaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 02:59
Last Modified: 02 Sep 2019 02:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11424

Actions (login required)

View Item View Item