Peningkatan hasil belajar siswa tema indahnya keragaman di negeriku melalui penerapan model pembelajaranteams games tournament berbantuan media permainan mamun kelas iv a sd muhammadiyah 1 kudus

FIRDAUSSYIYAH, JANNATUL (2019) Peningkatan hasil belajar siswa tema indahnya keragaman di negeriku melalui penerapan model pembelajaranteams games tournament berbantuan media permainan mamun kelas iv a sd muhammadiyah 1 kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (471kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (305kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (481kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (628kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (262kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa tema Indahnya Keragaman di Negeriku melalui model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media permainan Mamun kelas IVA SD Muhammadiyah 1 Kudus. Hasil Belajar adalah perubahan-perubahanpada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.Model pembelajaran Teams Games Tournamentyaitu sebuah model pembelajaran kooperatif yang menggunakan turnamen akademik dalam pembelajaran. Media permainan Mamun adalah media pembelajaran berupa permainan. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Keterampilan guru adalah keahlian guru dalam mengajar. Jenis penelitian yang digunakanyakni Penelitian Tindakan Kelasdengan menggunakan desain penelitian dari Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart. Setiap siklus terdiri 4 tahap kegiatan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisi data yang digunakan yakni analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media permainan Mamun ini meningkat. Keterampilan mengajar guru siklus I yaitu 69,16% kriteria baik, siklus II yaitu 85% kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I yaitu 73,63% kriteria baik, siklus II yaitu 86,05% kriteria sangat baik. Hasil belajar ranah pengetahuan siklus I yaitu 65,38% kriteria baik, siklus II yaitu 88,46% kriteria sangat baik. Hasil belajar ranah afektif siklus I yaitu 77,24% kriteria baik, siklus II 88,58% kriteria sangat baik. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I yaitu 76,14% kriteria baik, siklus II yaitu 88,71% kriteria sangat baik. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV A SD Muhammadiyah I Kudus. Setiap siklus pada penelitian tindakan kelas ini mengalami peningkatan yang baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd NIDN : 0607016201 Pembimbing 2 : Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd NIDN : 0617088403
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Teams Games Tournament, Media Permainan Mamun.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 03:04
Last Modified: 02 Sep 2019 03:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11427

Actions (login required)

View Item View Item