Peningkatan pemahaman konsep ipa dan bahasa indonesia melalui model science, environment, technology, and society berbantuan secret box pada tema 6 cita-citaku pada siswa kelas iv sd 1 pladen

ZUFIDA, ANIFA NURMA (2019) Peningkatan pemahaman konsep ipa dan bahasa indonesia melalui model science, environment, technology, and society berbantuan secret box pada tema 6 cita-citaku pada siswa kelas iv sd 1 pladen. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (358kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (908kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (558kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (365kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan kemampuan pemahaman konsep siswa serta aktivitas siswa dalam proses pembelajaran muatan Bahasa Indonesia dan IPA melalui penerapan model pembelajaran Science, Environment, Technology, And Society (SETS) Berbantuan Secret Box Pada Tema 6 Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV SD 1 Pladen. Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan memahami materi untuk menggambarkan gagasan yang ada dalam pikiran dan memberikan contoh dan penjelasan secara lebih luas. Kemampuan pemahaman konsep dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran SETS berbantuan media secret box. SETS merupakan model pembelajaran yang memadukan aspek sains (science), lingkungan (environment), teknologi (technology) dan masyarakat (society) yang bertujuan agar siswa memperoleh pembelajaran yang lebih bermakna. Media secret boxadalah media yang menjelaskan rangkaian siklus hidup makhluk hidup yang mengadopsi dari panggung pewayangan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus,masing-masing tiap siklus adalah dua pertemuan. Tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 34 siswa kelas IV SD 1 Pladen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I 75,60 (cukup), pada siklus II 83,93 (baik) (2) aktivitas belajar siswa siklus I 67,22 (perlu bimbingan), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 75,03 (cukup) (3) kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I 68,80 (perlu bimbingan) dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 47,06%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76,37 (cukup) dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 76,47%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas disimpulkan bahwa penggunaan model SETS berbantuan media secret box dapat meningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada tema 6 cita-citaku di kelas IV SD 1 Pladen. Sehingga guru dapat menggunakan model SETS berbantuan media secret box pada saat mengajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd NIDN : 0615129001
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, SETS, secret box, IPA dan Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 03:26
Last Modified: 02 Sep 2019 03:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item