Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 dersalam pada tema 4 berbagai pekerjaan melalui penerapan model number head together berbantuan media pop-up book

PUSPITA, ANGELA BUQI (2019) Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 dersalam pada tema 4 berbagai pekerjaan melalui penerapan model number head together berbantuan media pop-up book. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (315kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (655kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (637kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (238kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar PPKn dan Bahasa Indonesia siswa melalui model Numbered Haed Togetherberbantuan media Pop-Up Book pada tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV SD 2 Dersalamtahun ajaran 2018/2019. Hasil belajar merupakan suatu perubahan sikap dalam kegaiatan pembelajaran dengan tiga aspek yaitu aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Model Number Head Togethermerupakan model dengan teknik berkelompok dan memakai nomor di kepala. Pop-up bookmerupakan media yang menjelaskan kepada siswa mengenai rincian dari sebuah objek yang menjadi topic pembahasan secara tiga dimensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK model Kemmis dan Mc. Tagart yang dilaksanakan emapt tahap setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan2 siklus dengan penelitian 20 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada tema Berbagai Pekerjaan. Peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengajar sebesar 71% (Baik) pada siklus I dan 88% (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan muatan PPKn sebesar 60% (Tidak Berhasil) pada siklus I dan sebesar 80% (Sangat Baik). Muatan Bahasa Indonesia siklus I sebesar 65%(Tidak Berhasil) dan siklus II sebesar 80%. Ranah Afektif siklus I sebesar 70% (Baik) dan siklus II sebesar 80% (Sangat Baik). Ranah Psikomotorik siklus I sebesar 60% (Cukup) dan siklus II sebesar 74%(Sangat Baik). Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together berbantuan media Pop-Up Book terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Dersalam.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Deka Setiawan, M.Pd NIDN : 0617088403
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model Numbered Head Together (NHT), Media Pop-Up Book.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 03:33
Last Modified: 02 Sep 2019 03:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item