Penerapan model pembelajaran numbered head together berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd 3 wergu wetan

NIKMAH, NUR AINUN (2019) Penerapan model pembelajaran numbered head together berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd 3 wergu wetan. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (787kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (3MB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Puzzle pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku muatan PPKn dan IPS. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada siswa selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung yang meliputi tiga ranah yaitu ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Aktivitas belajar adalah segala kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan dengan adanya interaksi antara guru dan siswa dalam rangka mencapai tujuan belajar. Keterampilan guru adalah keahlian yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Model pembelajaran Numbered Head Together adalah model pembelajaran yang mengelompokkan siswa secara heterogen dengan penomoran pada masing-masing siswa, sehingga masing-masing siswa dalam satu kelompok mempunyai nomor yang berbeda-beda. Hipotesis tindakan dalam penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Puzzle. Variabelterikatnya adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku melalui model pembelajaran Numbered Head Together berbatuan media Puzzle meningkat. Keterampilan mengajar guru siklus I yaitu 77% dengan kriteria baik, siklus II yaitu 80% dengan kriteria baik. Aktivitas siswa siklus I yaitu 76% dengan kriteria baik, siklus II yaitu 80% dengan kriteria baik. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan PPKn siklus I yaitu 77 dengan kriteria cukup, sedangan muatan IPS 76 dengan kriteria cukup. Pada siklus II muatan PPKn yaitu 83 dengan kriteria baik, sedangkan muatan IPS juga 83 dengan kriteria baik. Hasil Belajar ranah sikap siklus I yaitu 82% dengan kriteria cukup, siklus II yaitu 92% dengan kriteria baik. Hasil belajar ranah keterampilan siklus I yaitu 83% dengan kriteria cukup, siklus II yaitu 92% dengan kriteria baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Santoso, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Numbered Head Together dan Media Puzzle.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 03:45
Last Modified: 02 Sep 2019 03:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11439

Actions (login required)

View Item View Item