Peningkatan hasil belajar siswa melalui model student team achievement division berbantuan media flashcard tema indahnya keberagaman di negeriku pada siswa kelas iv sdn 1 lebak

PUTRI, ANDITA (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model student team achievement division berbantuan media flashcard tema indahnya keberagaman di negeriku pada siswa kelas iv sdn 1 lebak. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL .pdf - Accepted Version

Download (641kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN fiks-2 .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan keterampilan guru dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement DivisionBerbantuan Media Flashcard tema Indahnya Keberagaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN 1 Lebak Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang terjadi setelah mengalami proses pembelajaran. Model Student Team Achievement Division(STAD) adalah model yang menekankan kegiatan berkelompok yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pembeajaran dari beberapa ranah diantaranya yaitu kognitif, afektif dan psikomotor.mediaflashcard merupakan suatu media yang terdiri dari simbol, gambar yang didesain seperti kartu yang digunakan dalam pembelajaran sehingga anak akan mudah mengetahui, memahami dan menginggat melalui media flashcard. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar dalam proses pembelajaran tema Indahnya Keberagaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN 1 Lebak dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media Flashcard. Penelitian ini menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklus diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus ada 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Lebak, yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, obsrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Peningkatan keterampilan guru pada siklus 1 sebesar 69,23% (Baik) dan pada siklus II 75% (Baik). Hasil belajar ranah kognitif siswa pada muatan PPKn meningkat cukup signifikan antara siklus 1 (69,77%) dan siklus II (81,40%). Muatan IPS ketuntasan klasikal pada siklus 1 72,09% (Baik) dan siklus II 86,04 (Sangat Baik). Hal tersebut menunjukkan bukti bahwa penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media Flashcarddapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Lebak. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Lebak, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD berbantuan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar tema Indahnya Keberagaman di Negeriku pada kelas IV SDN 1 Lebak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Ika Ari Pratiwi, M.Pd Pembimbing 2 : Santoso, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Student Team Achievement Division Berbantuan Media, Media Flashcard.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:13
Last Modified: 04 Sep 2019 06:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11500

Actions (login required)

View Item View Item