Penerapan model quantum teaching berbantuan media kartu soal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa tema 8 kelas iv sd 1 mlati lor

MELANITA, SEKAR LIANA (2019) Penerapan model quantum teaching berbantuan media kartu soal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa tema 8 kelas iv sd 1 mlati lor. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I .pdf - Accepted Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (28MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada tema 8 kelas IV SD 1 Mlati Lor dengan menerapkan model quantum teaching berbantuan media kartu soal. Keterampilan Berpikir Kritis merupakan cara berpikir tentang ide atau gagasan secara disiplin dan sadar sebagai kegiatan menganalisis kearah yang lebih spesifik, terarah dan sempurna. Quantum teaching adalah model pembelajaran yang menekankan pada kreativitas, dan keaktifan siswa, sehingga terjadi proses pembelajaran yang menyenangkan berdasarkan pemahaman mereka dan memperoleh hasil yang memuaskan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model quantum teaching berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar, dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 1 Mlati Lor pada pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Mlati Lor dengan subjek penelitian 32 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model Quantum Teaching. Sedangkan variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia melalui model quantum teaching berbantuan media kartu soal meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 84,78% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 85,86% (baik). Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I, yakni 81% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86% (baik). Persentase keterampilan berpikir kritis siswa pada prasiklus yakni 56,8% (kurang), kemudian setelah dilaksanakan penelitian siklus I meningkat menjadi 84,41% (baik), dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 92,03% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model quantum teaching berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Peneliti menyarankan agar para guru menginovasikan model dan media pembelajaran supaya siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Model Quantum Teaching, Media Kartu Soal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:41
Last Modified: 04 Sep 2019 06:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item