Analisis pengaruh usia, dukungan sosial dan lingkungan kerja terhadap burnout pada karyawan bagian cleaning service pt. Bintang cemerlang semesta pati (studi kasus pada rsud. Tugurejo semarang)

SYAIFUDDIN, MAHFUD (2019) Analisis pengaruh usia, dukungan sosial dan lingkungan kerja terhadap burnout pada karyawan bagian cleaning service pt. Bintang cemerlang semesta pati (studi kasus pada rsud. Tugurejo semarang). ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (372kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (259kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Pengelolaan sumber daya manusia didalam sebuah organisasimenjadi bagian hal yang terpenting bagi kelangsungan hidup suatu industri. Maju atau tidaknya suatu industri tidak terlepas dari sumber daya manusia yang dimiliki.Kurangnya pengelolaan sumber daya manusia dapat menyebabkan banyak karyawan mengalami ketimpangan yang bermunculan yang tidak sesuai dengan harapan mereka, salah satu akibatnya adalah terjadinya burnout. Karena setiap orang memiliki dorongan untuk memenuhi kebutuhan pokok diantarnya fisik dan psikis sehingga tercapai kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh usia, dukungan sosial dan lingkungan kerja terhadap burnoutpada karyawan bagian cleaning service PT. Bintang Cemerlang Semesta Pati yang bekerja di RSUD Tugurejo Semarang. Sampel penelitian ini adalah 101 responden dengan populasi sebanyak 136 karyawan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap burnout pada cleaning service, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t variabel usia yaitu thitung sebesar 3,081 ≥ ttabel sebesar 1,985 dengan nilai signifikansi SPSS 0,003 < 0,025. Dukungan sosial secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t variabel dukungan sosial yaitu thitung sebesar -3,271 ≤ ttabel sebesar 1,985 dengan nilai signifikansi SPSS 0,001 < 0,025. Lingkungan kerja secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t variabel lingkungan kerja yaitu thitung sebesar -3,825 ≤ ttabel sebesar 1,987 dengan nilai signifikansi SPSS 0,000 < 0,025. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa usia, dukungan sosial dan lingkungan kerja secara berganda berpengaruh dan signifikan, hasil ini dibuktikan dengan hasil uji F yaitu Fhitung sebesar -3,825 ≤ Ftabel sebesar 1,987dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Mamik Indaryani, MS NIDN : 0628045901 Pembimbing 2 : Dian Wismar’ein, SE, MM NIDN : 0612127702
Uncontrolled Keywords: usia, dukungan sosial, lingkungan kerja, burnout
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan > Manajemen keuangan. Keuangan bisnis. Keuangan perusahaan
Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Sep 2019 01:52
Last Modified: 27 Sep 2019 01:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11561

Actions (login required)

View Item View Item