Peningkatankematangan karier melalui layanan informasi media portofolio karier pada siswa kelas xi ips ma nu tbs kudus

HASAN, MUHAMMAD ALSA FIRMANUL (2019) Peningkatankematangan karier melalui layanan informasi media portofolio karier pada siswa kelas xi ips ma nu tbs kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Peneliti menentukan tujuan penelitian sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam pelaksanaan layanan informasi media portofolio karier dalam meningkatkan kematangan karier pada siswa kelas XI IPS MA NU TBS Kudus. 2. Mendeksripsikan peningkatkan kematangan karier pada siswa kelas XI IPS MA NU TBS Kudus setelah pelaksanaan layanan informasi media portofolio karier. Kematangan karier merupakan hal yang sangat penting dalam perkembangan individu untuk menunjang keberhasilan karier di mana mendatang. Kematangan karier ditunjukan dengan kemampuan siswa dalam memahami bakat, kecakapan dan kemampuan, konsep diri dan penghargaan diri, kepribadian, kemampuan akademik, pengalaman belajar dan kerja, minat, tingkat harapan, motivasi, nilai kehidupan, dan gaya hidup. Serta mampu mengolah dan mencari informasi mengenai diri sendiri terkait dengan studi, profesi dan karier yang diingkan. Layanan informasi merupakan salah satu bentuk layanan dasar dalam pelayanan bimbingan dan konseling, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Tujuannya adalah memberikan pemahaman dan informasi yang dibutuhkan individu dalam tugas perkembangannya. Penelitian dilakukan di MA NU TBS Kudus yang beralamat di Jl. KH. Turaichan Adjhuri No. 23, Pejaten, Kajeksan, Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59315, pada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yaitu PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 32 siswa kelas XI IPS MA NU TBS Kudus pada tahun pelajaran 2018/2019 yang belum memiliki kematangan karier dengan baik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Kemantangan karier pada siswa sebelum tindakan sebesar 8,1 (32%) kategori (Sangat Kurang). Siklus I meningkat menjadi 13,7 (55%) kategori (Cukup). Pada siklus II kematangan karier pada siswa meningkat menjadi 19,2 (77%) kategori (Baik). Simpulan hasil penelitian sebagai berikut: 1. Layanan informasi media portofolio dapat meningkatkan kematangan karier siswa kelas XI MA NU TBS Kudus. Hal tersebut didasarkan pada hasil pengamatan kolaborator yang menyatakan pada siklus I peneliti memperoleh skor 23(46%) kategori (Kurang). Siklus II peneliti memperoleh skor 37 (74%) kategori (Baik). 2. Kematangan karier pada siswa kelas XI MA NU TBS Kudus telah mengalami peningkatan. Peneliti mengamati dari hasil pengisian skala kematangan karier yang telah diisi siswa menunjukan bahwa pada pra siklus siswa memperoleh skor rerata 8,1 (32%) kategori (Sangat Kurang), pada siklus I siswa memperoleh skor 13,7 (55%) kategori (Cukup), pada siklus II siswa memperoleh skor 19,2 (77%) kategori (Baik). Peneliti menyampaikan saran sebagai berikut.1. Siswa: Siswa kelas XI IPS MA NU TBS Kudus hendaknya mempersiapkan diri dengan memperbanyak menambah wawasan mengenai perkuliahan dan dunia kerja. 2. Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling hendaknya memberikan layanan informasi media portofolio karier agar siswa di MA NU TBS Kudus dapat mempersiapkan diri dalam bidang kariernya. 3. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya memperhatikan program bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya dalam bidang karir. Sehingga membantu siswa dalam meningkatkan kematangan karirnya setelah lulus dari MA NU TBS Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd Pembimbing 2 : Edris Zamroni, M.Pd.
Kata Kunci: Kematangan Karier, Layanan Informasi, Portofolio Karier
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Sep 2019 01:55
Last Modified: 27 Sep 2019 01:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11563

Actions (login required)

View Item View Item