Peningkatan komunikasi interpersonal melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas x ips 1 sma 1 mejobo kudus

MEITAVIANTI, HERA (2019) Peningkatan komunikasi interpersonal melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas x ips 1 sma 1 mejobo kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (9MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (377kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (977kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (86kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (130kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X IPS 1 SMA 1 Mejobo Kudus. 2. Mendeskripsikan peningkatan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X IPS 1 SMA 1 Mejobo Kudus setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Komunikasi interpersonal merupakan perilaku komunikasi antarsiswa kelas X IPS 1 yang senantiasa dalam menyampaikan pesan terjadi arus pesan dua arah, artinya terjadi proses timbal balik antara pemberi dengan penerima pesan.Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama merupakan layanan yang diberikan kepada sekelompok siswa dimana siswa mendramatisasikan tingkah laku, atau ungkapan gerak-gerik wajah seseorang dalam hubungan sosial antarmanusia, atau siswa dapat memainkan peranan dalam dramatisasi masalah sosial atau psikologis dalam kelompok tersebut tercipta dinamika kelompok yang menggambarkan hidupnya suasana kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini dilaksanakan di SMA 1 Mejobo Kudus yang mana beralamat di Dukuh Bancak, Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Penelitian ini berlangsung dalam periode tahun pelajaran 2018/2019.Jenis penelitian yaitu PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak delapan siswa kelas X IPS 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian diketahui komunikasi interpersonal pada siswa kelas X IPS 1 SMA 1 Mejobo Kudus telah mengalami peningkatan. Pra siklus siswa memperoleh skor rerata 10,30 (29%) kategori (Sangat Kurang). Siklus I pertemuan pertama siswa memperoleh skor rerata 12,80 (37%) kategori (Kurang), pertemuan kedua 16,09 (46%) kategori (Kurang), pertemuan ketiga 17,64 (50%) kategori (Kurang). Siklus II dari pertemuan pertama hingga ketiga secara keseluhan komunikasi interpersonal meningkat. Secara berurutan peningkatan tersebut diuraikan sebagai berikut. 20,91 (60%) kategori (Cukup), 24,27 (69%) kategori (Baik), 28,31 (81%) kategori (Baik). Maka peneliti menyimpulkan hasil keseluruhan dari penelitian yang telah dilakukan sebagai berikut: 1. Pelaksanaan bimbingan kelompok teknik sosiodrama telah mampu meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X IPS 1 SMA 1 Mejobo Kudus. Pada siklus I peneliti memperoleh skor dalam memimpin bimbingan kelompok teknik sosiodrama sebesar 46% kategori (Kurang). Pada siklus II meningkat menjadi 73% kategori (Baik). 2. Komunikasi interpersonal pada siswa kelas X IPS 1 SMA 1 Mejobo Kudus telah meningkat. Pada pra siklus skor rerata komunikasi interpersonal siswa sebesar 29% kategori (Sangat Kurang), pada siklus I meningkat menjadi 50% kategori (Kurang), siklus II meningkat menjadi 81% kategori (Baik). Saran yang disampaikan peneliti kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian ini yaitu: 1. Siswa: Siswa dapat mempertahankan kemampuan komunikasi interpersonal yang baik setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. 2. Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling diharapkan lebih kompleks dalam memperhatikan perkembangan siswa, bukan hanya dalam aspek belajar, tetapi juga pada aspek psikologis. 3. Kepala Sekolah: Kepala sekolah diharapkan mampu memfasilitasi guru bimbingan konseling dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling pada siswa. Dan memfasilitasi guru bimbingan dan konseling dengan menyadiakan sarana dan prasana dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. 4. Penelitian selanjutnya: Peneliti selanjutnya dapat menggunakan jenis media dalam bimbingan dan konseling yang variatif dalam bimbingan kelompok, tentunya dengan memperhatikan permasalahan yang diangkat dalam penelitian di kemudian hari.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM Pembimbing 2 : Richma Hidayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Sep 2019 02:15
Last Modified: 27 Sep 2019 02:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

View Item View Item