Prediksi harga gula pasir di kabupaten kudus dengan menggunakan algoritmaseasonal autoregressive integrated moving average

Yusuf, Muhammad (2019) Prediksi harga gula pasir di kabupaten kudus dengan menggunakan algoritmaseasonal autoregressive integrated moving average. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (279kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (623kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (753kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Gula pasir merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat dan juga menjadi kebutuhan yang paling utama bagi produsen atau penjual makan dan minuman di Kabupaten Kudus. Gula pasir didapat dari proses kristalisasi sari tebu. Pada tahun 2016 estimasi AGI tidak sesuai dengan realisasi dari data Kementan bahkan dapat terbilang sangat jauh dari estimasi tersebut. Dilihat dari segi impor gula, jumlah impor gula dari tahun ketahun indonesia mengalami peningkatan, sedangkan jumlah produksi tebu tiap tahun mengalami penurunan. Tidak setabilnya harga gula pasir di Indonesia berdampak juga pada harga gula di daerah Kudus. Banyak produsen atau pabrik makanan dan minum di Kudus yang membutuhkan gula pasir sebagai salah satu bahan yang digunakan. Perhitungan harga tebu masyarakat kudus juga masih menggunakan cara manual yaitu menggunakan harga pemborong sebagai patokan. Maka dari itu perlu dibangun suatu sistem untuk memprediksi harga gula pasiryang memberi gambaran tentang pergerakan harga gula pasir setiap bulan di Kabupaten Kudus. Metode yang cukup akurat digunakan dalam forecasting adalah metode SARIMA. Metode ini cukup fleksibel dalam mengolah berbagai macam bentuk timeseries. Metode SARIMA sendiri dibagi menjadi 5 kategori yaitu autoregressive, moving average, ARMA, ARIMA dan SARIMA. Peneliti menggunakan 5 metode SARIMA tersebut untuk pencarian model peramalan terbaik. Parameter yang digunakan adalah kombinasi dari 6 parameter yang dipilih secara bebas yaitu autoregressive, diferensiasi,moving average, autoregressive musiman, diferensiasi musiman, danmoving averagemusiman, Berdasarkan hasil perhitungan SARIMA tersebut, kombinasi parameter p=1, d=1,q=0, P=2, D=0, Q=2dan dengan transformasi Box-Cox menghasilkan nilai prediksi dengan tingkat akurasi paling tinggi. Kombinasi parameter tersebut menghasilkan nilai prediksi sebesar 12.469, nilai AIC sebesar -346,5955, MEsebesar -0,3826, MAE sebesar 0,3854, MPEsebesar -4,2735, MASE sebesar 15,1795, MAPE sebesar 4,3029, dan RMSEsebesar 0,1791.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Rina Fiati, ST, M.Cs Pembimbing 2 : Anastasya Latubessy, S.Kom, M.Cs
Uncontrolled Keywords: peramalan, SARIMA, timeseries, akurasi
Subjects: Teknologi > Teknik elektro, Teknik Nukllir > Elektronika > Teknik komputer. Perangkat keras komputer
Ilmu Murni > Matematika > Perangkat lunak (software) komputer
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Sep 2019 02:32
Last Modified: 27 Sep 2019 02:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11575

Actions (login required)

View Item View Item